Bupati Harapkan Puskesmas Selat Selesai Sesuai Rencana

Bupati IGA Mas Sumatri saat meninjau pembangunan Puskesmas Selat, baru-baru ini.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri didampingi Wabup Wayan Artha Dipa dan sejumlah stakeholder terkait meninjau proyek pembangunan Gedung Puskesmas Selat yang sudang mendekati selesai.

Menurut Bupati Mas Sumatri, pembangunan Puskesmas Selat ini telah menjalani perencanaan yang matang. “Pembangunan Puskesmas ini mempergunakan animasi perencanaan yang matang, sehingga betul-betul harus diawasi,” terangnya.

Mas Sumatri mengharapkan bangunan ini akan selesai sesuai rencana sehingga Puskesmas yang sudah diidam-idamkan dan sudah direncanakan dengan matang ini akan bermanfaat bagi masyarakat. “Kita doakan, mudah-mudahan pengerjaannya tidak ada masalah sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu  Kepala Puskesmas Selat, dr. Lanang Udiyana mengatakan, target bangunan ini akan dipelaspas pada tanggal 26 Desember mendatang. Hanya, kualitas bangunan masih kurang terutama soal kusen menggunakan aluminium tipis dan plafon yang terlihat terlalu rendah. Pada pemasangan kusen pintu juga terlihat ada yang bolong (kurang rapi) padahal ini merupakan bangunan baru.

Pembangunan Puskesmas ini menelan biaya sebesar Rp 4.359.998.295,57 dan dengan rentang waktu pengerjaan sepanjang 150 hari. Dokter  Lanang optimis bangunan ini bisa mulai digunakan sesuai target yakni pada Januari 2020 mendatang.

Mengenai fasilitas yang digunakan untuk melengkapi Puskesmas akan dianggarkan di tahun 2020. Kapasitas pasien yang bisa ditampung yakni sebanyak 14 bed rawat inap dewasa, 3 bed anak dan 4 bed pada ruang persalinan serta 4 bed UGD. “Sementara yang masih kami punya hanya 15 bed, selanjutnya akan ada penambahan dan akan dianggarkan 2020 nanti,” ujarnya.

Ditambahkan, Puskesmas Selat tidak ada pelayanan dokter spesialis. “Di Puskesmas hanya pertolongan pertama, jika ada penanganan lebih lanjut, kita rujuk ke RSUD Karangasem,” imbuh dr. Lanang. (jab)

BACA JUGA:  Yuliana Sagala Pimpin Kejari Denpasar, Wakajati: Pejabat Harus Open Mind, Open Heart & Open Will