RSUD Sanjiwani Gianyar Siapkan Layanan Gangguan Jiwa

RSUD Sanjiwani Gianyar tampak dari depan, siap melayani pasien gangguan jiwa.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Warga Gianyar tidak perlu jauh-jauh lagi ke Bangli jika memiliki keluarga dengan gangguan jiwa. Sebab RSUD Sanjiwani ditahun 2021 akan membuka layanan khusus ganguan Jiwa. Hal ini disampaikan direktur RSUD Sanjiwani dr. Ida Komang Upeksa, Rabu (11/12/2019).

Dikatakannya, meski akan dibuka tahun 2021 nanti, RSUD saat ini sudah menerima pasien gangguan jiwa namun masih terbatas. “Untuk yang ringan-ringan sudah bisa kita tangani disini, kalau yang keras kita masih rujuk ke Bangli,” ujarnya.

Nantinya Akan dibuat ruangan khusus satu blok untuk menangani pasien gangguan jiwa. “Mulai dari yang ringan hingga keras tidak usah kemana-mana lagi kita bisa tangani disini” ungkapnya.

Terkait sumber daya manusia yang ada di RSUD untuk melayani pasien dengan gangguan jiwa, dokter Upeksa mengungkapkan SDM yang dimiliki siap untuk itu. “Kita sudah memiliki dokter spesialis kejiwaan, dan perawat nanti ditahun 2020 kita akan latih secara khusus dalam menangani pasien gangguan jiwa”

Targetnya Agustus ditahun 2021, gedung sudah selesai dan langsung bisa dioprasikan. Akan disediakan 10 ruangan khusus isolasi. Bila pasien sudah membaik bisa ditampung di ruangan umum. “Teknisnya bila ada pasien yang mengidap gangguan jiwa keras, maka akan ditampung di ruangan isolasi yang kita sediakan, ketika pasien sudah membaik akan dipindahkan keruangan umum,” jelasnya.

Sementara RSUD Sanjiwani saat ini telah merawat pasien gangguan jiwa sekitar 2-5 orang, namun yang dirawat tersebut adalah mereka yang sudah tenang. ”Ada yang susah tidur, pikiran kacau dan emosi kurang stabil,” ungkapnya. (riz)

BACA JUGA:  Gangguan Jaringan Sebabkan Token Listrik Tak Terkirim, PLN Minta Maaf Kepada Pelanggan