Momen SEA Games 2019, Sejumlah Atlet Bali Jadi Incaran

Nyoman Yamadhiputra (kiri) bersama Ketua umum KONI Bali, Ketut Suwandi (tengah) dan IGN Oka Darmawan (kanan) bersama dua atlet Bali yang berlaga pada SEA Games 2019 di Filipina.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Sejumlah atlet Bali yang membela kontingen Indonesia pada SEA Games 2019 di Filipina, menjadi incaran sejumlah provinsi di tanah air. Berbagai cara dilakukan, bahkan dengan iming-iming fasilitas lebih untuk menggoda atlet Bali agar mau hengkang meninggalkan tanah leluhurnya.

”Itu bukan indikasi, namun nyata karena saya lihat sendiri. Mereka menjanjikan fasilitas lebih dalam bentuk materi yang arahnya agar bisa membela provinsi itu di masa mendatang. Ini untungnya kami dari KONI Bali bisa datang ke Filipina, untuk memberikan dukungan dan motivasi para atlet Bali,” ungkap Binpres KONI Bali, Nyoman Yamadhiputra, Rabu  (11/12/2019).

Hanya, Yamadhiputra mengaku tidak etis menyebutkan atlet-atlet itu termasuk dari cabang olahraga (cabor) apa. Tapi, dengan kedatangan beberapa pengurus KONI Bali ke Filipina yang langsung memotivasi atlet dan memberikan perhatian materi meski tidak banyak, setidaknya hal itu telah membuat hati beberapa atlet Bali itu tetap bertahan mengusung nama Bali.

“Dengan kedekatan kami kepada para atlet itu pastinya akan membuat hati para atlet Bali tak akan pindah ke daerah lainnya. Nah apalagi jika kami tak ke Filipina, maka pastinya para atlet akan bebas didekati provinsi lainnya. Utamanya dari DKI Jakarta,” tambah Yamadhiputra.

Ditanya mutasi atlet untuk PON XX di Papua sudah lewat, Yamadhiputra mengaku tujuan incaran yang dilakukan itu bukan semata-mata untuk PON tahun depan (2020). Tapi untuk kepentingan even-even nasional dan internasional, termasuk PON berikutnya setelah Papua. ”Ini cara-cara instan yang sudah lumrah dilakukan belakangan ini,” imbuh pria yang juga Sekretaris Umum Pengprov IPSI Bali itu.

Yamadhiputra berharap, kehadiran beberapa pengurus KONI Bali untuk memberikan dukungan para atlet Bali di SEA Games itu, akan memberikan suntikan motivasi dan mental serta percaya diri tinggi. Dan yang lebih penting lagi, para atlet Bali tidak sampai tergoda dengan rayuan yang mengincar mereka.(riz)

BACA JUGA:  Sekda Adi Arnawa Harapkan Cabor Pickleball Dipertandingkan di Porprov 2022