Tanggulangi Bencana di Bali, BPBD-RAPI Tingkatkan Kolaborasi

Pertemuan antara BPBD Provinsi Bali dengan Pengurus RAPI.

Beritabalionline.com – Penguatan sinergi multipihak adalah hal wajib didalam kebencanaan. Pelibatan komponen pentahelix yaitu pemerintah, dunia usaha, akademisi, media massa dan masyarakat khususnya dalam penanggulangan bencana di Bali diharapkan mempercepat terwujudnya Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Pertemuan antara BPBD Provinsi Bali dengan Pengurus RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Daerah 14 Provinsi Bali, pada Jumat (6/12/2919) di UPTD.

Pengendalian Bencana Daerah BPBD Provinsi Bali adalah langkah strategis kolaborasi kebencanaan khususnya di jaringan radio. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama BNPB dengan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI).

Dalam sambutannya, Kalaksa BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin menyampaikan bahwa RAPI sebagai bagian dari relawan kebencanaan berperan besar baik saat pra, saat maupun pasca bencana. Dukungan dan komitmen RAPIDA melalui Jejaring radio komunikasi yang saat ini tersebar hampir diseluruh Bali, memberikan kecepatan dan ketepatan dalam informasi kebencanaan sehingga mampu mewujudkan ketangguhan bencana.

Untuk memperkuat sinergi, disepakati sekretariat RAPI Daerah 14 Provinsi Bali akan berada di lantai 3 Gedung BPBD Provinsi Bali, Jl. DI Panjaitan nomor 6 Denpasar. Seluruh database anggota RAPI Bali akan masuk dalam e-relawan Sistem Informasi Kebencanaan (SIK) untuk memperkuat koordinasi dan komunikasi.

Wayan Silayana, sebagai Ketua RAPI Bali menyampaikan terima kasih kepada BPBD Provinsi Bali atas sambutan positif kerjasama dalam kebencanaan. Ke depannya akan ditindaklanjuti dalam bentuk Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja sama antara RAPIDA dengan BPBD Provinsi Bali serta dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan konkret sebagai bentuk sinergi dalam penanggulangan bencana di Provinsi Bali. (tra)

BACA JUGA:  Data Warga Sudah Divaksin Kurang Singkron, Wabup Kasta Ingatkan Ini