Pelaku UKM Bali Antusias Pasarkan Produk ke Polandia

Kegiatan ‘bisnis meeting’ di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali.

Beritabalionline.com – Komite Pengusaha MKM Indonesia Bersatu (KOPITU) menjembatani langkah untuk mengekspor produk-produk usaha kecil menengah (UKM) Bali, dengan langsung mempertemukan para pelaku usahaantarnegara, melalui kegiatan ‘bisnis meeting’ yang berlangsung di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, Jumat (6/12/2019).

Ketua KOPITU Yoyok Pitoyo menyatakan, pihaknya sengaja menginisiasi pertemuan ini dengan orang-orang yang tepat sasaran. “Sengaja saya undang langsung ‘end buyer’ atau pembeli langsung, dan bukan perantara dagang antarnegara. Kali ini yang didatangkan adalah Mr. Miroslaw Wawrowski. Beliau datang langsung dari Polandia, sengaja ingin mengetahui keunggulan produk dari Bali, khususnya produk spa,” kata Yoyok memberikan keterangan pada media di lokasi bisnis meeting.

Dia berharap dengan pertemuan ini, akan ada ‘closing order’ sehingga bisa terwujud secara konkret jalinan bisnis antara pelaku usaha Polandia dengan pelaku UKM Bali. Pada pertemuan ini, ada sejumlah pelaku UKM yang datang dengan antusias, membawa berbagai produk herbal yang memiliki keunggulan  tersendiri.

Seperti, ada produk minuman kesehatan herbal, teh jamur, madu, produk spa dan aromaterapi, beras organik, dupa herbal dan sejumlah produk lain, yang memiliki bahan baku alami. Nyaris tanpa kandungan bahan kimia.

Yoyok melanjutkan, KOPITU sebagai wadah untuk menyatukan pelaku usaha dan pemangku kepentingan lain baik pemerintah maupun nonpemerintah di tingkat nasional agar mampu bangkit untuk bersatu dan saling bersinergi dalam rangka meningkatkan kemampuan bersaing di tingkat global tengah melakukan segala upaya untuk mewujudkan visi tersebut salah satunya dengan penguatan modal usaha dan pembiayaan.

Sementara itu, Mr. Miroslaw Wawrowski menjelaskan, selama ini dirinya sudah 20 tahun menjalankan bisnis di Polandia dan telah memiliki jaringan dengan ratusan wali kota di kawasan Baltik.

BACA JUGA:  Susi: Ekspor Benih Lobster Untungkan Vietnam

“Saya kemudian membuka spa dengan tenaga spa profesional dari Bali. Ternyata warga Polandia sangat senang dengan adanya layanan spa profesional ini. Apalagi produk-produk spa dari Bali dikenal dengan kualitas dan kekhasan sendiri, dan sudah diterima penggemar spa di Polandia,” ujar Mr. Miroslaw Wawrowski.

Keinginan Mr. Miroslaw Wawrowski menggaet pelaku UKM Bali, dengan pertimbangan antara lain karena nama Bali sebagai destinasi wisata sudah tidak asing di Polandia. Terbukti, setiap tahun jumlah wisatawan
yang berkunjung ke Bali cenderung mengalami peningkatan. (tra)