Desa Taro Digadang-gadang Jadi Tuan Rumah Jambore Nasional Pokdarwis

Lembu putih sebagai salah satu daya tarik yang dimiliki desa wisata Taro, Tegalalang.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Tahun 2020 mendatang, nampaknya kabupaten Gianyar bakal menjadi tempat gelaran beberapa event berskala nasional dan internasional. Salah satu kegiatan yang dipastikan menjadi magnet pariwisata adalah adanya Jambore Nasional Pokdarwis dan Desa Taro digadang-gadang sebagai tuan rumah even berskala nasional tersebut. Bahkan Deklarator Pokdarwis sudah meninjau lokasi, terkait kelayakan sebagai penyelenggara.

Hal ini disampaikan Ketua Pokdarwis Desa Taro, Wayan Wardika, Jumat (6/12/2019). “Kegiatan akan dihadiri sedikitnya 200 Pokdarwis seluruh Indonesia, karena Bali menjadi tuan rumah, peserta bisa melebihi jumlah itu,” Jelas Wayan Wardika optimis.

Dijelaskannya, Deklatator Musyawarah Nasional Kelompok Sadar Wisata Nasional sudah melakukan survey ke Desa Taro, untuk memastikan Pokdarwis Taro layak menjadi tuan rumah. “Sudah di survey lokasi, secara lokasi dan kapasitas kami sangat layak,” jelas Wardika.

Walau sudah digadang-gadang sebagai penyelenggara kegiatan, ada beberapa fasilitas yang belum layak dimiliki. “Beberapa fasilitas yang belum kami miliki seperti toilet berstandar internasional, areal tempat parker yang memadai, penunjuk arah antar banjar dan obyek wisata serta fasilitas lainnya,” bebernya.

Atas kondisi yang dihadapi ini, Wardika mengaku akan beraudensi dengan Pemkab Gianyar, guna bisa membantu penyediaan fasilitas dan sebagai penyelenggara even. “Kami belum pernah menyelenggarakan event sebesar ini, kami mohon Pemkab Gianyar membantu kami,” harapnya.

Selain itu, dirinya juga berharap dibantu aula knock down sebagai tempat dan seminar termasuk layanan informasi online. “Dalam segala hal kami masih terbatas, kami berharap bantuan pemerintah,” harapnya lagi.

Mengingat berhasil sebagai juara IV Nasional Desa Wisata Nasional beberapa waktu lalu. Menkadikan Desa Taro memiliki khas sebagai penyelenggara event. Pihak panitia pusat juga berharap Desa Taro bisa menjadi penyelengara dan diharapkan Pokdarwis yang hadir nanti, bisa sama-sama sharing ilmu berkait pengembangan pariwisata.

BACA JUGA:  Waspadai COVID-19, Ini Pesan Kabid Humas Polda Bali Kepada Personel di Lapangan

Desa Wisata Taro (Dewita) kedepannya juga akan mengembangkan kegiatan unggulan seperti menetapkan beberapa kegiatan unggulan sebagai Signature Experience selama ada di Desa Wisata Taro. Diantaranya: penataan Cycling dan Trekking, Konservasi Alas Taro, Konektivitas antar Objek, Menyusun Calender of Events, menata rumah-rumah penduduk untuk distandarisasi menjadi Home Stay.(yes)