Pura-pura Tawarkan Ojek, Nengah Danu Embat iPhone Turis Selandia Baru

Nengah Danu, pelaku pencopetan wisatawan Selandia Baru diamankan petugas. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pemuda bernama I Nengah Danu (20) dijebloskan ke sel Mapolsek Kuta karena kedapatan mencopet barang milik wisatawan asing asal Selandia Baru, Mathius Tawi (21) di depan Penginapan Gora Jalan Popies II, Kuta, Badung.

“Pelaku mengambil iPhone 6s warna emas di saku celana korban,” terang Kapolsek Kuta AKP Teuku Ricki Fadlianshah saat dikonfirmasi, Kamis (5/12/2019) sore.

Kepada polisi korban yang menginap di Grand Barong Hotel Kuta, Badung ini menerangkan, saat hendak kembali ke hotel usai menikmati hiburan di Engine Room Kuta, ia ditawari ojek oleh beberapa orang di TKP, Selasa (26/11/2019) sekitar pukul 00.15 WITA.

Merasa tidak terlalu jauh dari tempatnya menginap, pemegang pasport dengan nomor LT071451 ini menolak. Sampai di hotel korban baru sadar iPhone 6s yang ada di kantongnya hilang.

“Korban mencoba menghubungi dengan menggunakan handphone temannya dan dijawab oleh seseorang bahwa nanti handphone miliknya akan diantar ke hotel,” jelas Kapolsek.

Lantaran tidak ada kepastian, korban yang mengalami kerugian Rp4 juta kemudian melapor ke kantor polisi. Tak butuh waktu lama, pelaku akhirnya diamankan di seputaran Kuta, pada Selasa (26/11/2019) sekitar pukul 03.25 WITA.

Kepada polisi pelaku mengaku menjalankan aksinya dengan cara menawarkan ojek. Ketika korban lengah, ia langsung mengambil iPhone milik korban.

“Pelaku mengaku telah melakukan pencopetan sebanyak tiga kali, yaitu dua kali di bulan Oktober 2019 mendapat satu buah iPhone 6 dan satu buah iPhone 7. Hasil curian dijual kepada seseorang yang ditemui di Jalan Legian, Kuta,” kata Kapolsek. (agw)