Sambut Hari Ibu, Pemkot Denpasar Gelar Seminar ‘Kedudukan Perempuan Bali dalam Hukum Adat Bali’

Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Dalam rangka peringatan Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar menyelenggarakan berbagai kegiatan. Salah satu di antaranya seminar bertema tentang ‘Kedudukan Perempuan Bali dalam Hukum Adat Bali’.

Seminar sehari yang dibuka Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara itu terselenggara atas kerja sama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) dengan TP PKK Kota Denpasar, bertempat di Ruang Sewaka Mhottama Graha Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar, Selasa (3/12/2019).

menggelar kegiatan seminar. Hari Ibu yang ke -91 Tahun 2019 ini lewat gelaran seminar dengan tema ‘’Kedudukan Perempuan Bali dalam Hukum Adat Bali yang di buka langsung Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny Selly Dharmawijaya Mantra bertempat di Ruangan Sewaka Mahottama Graha Sewaka Dharma Lumintang Denpasar pada Selasa (3/12).

Turut hadir pada seminar tersebut Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya Mantra, Ketua WHDI Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara, Ketua Gatriwara Kota Denpasar Ny Purwati Ngurah Gede, Ketua Dharma wanita Kota Denpasar Ny Ida Ayu Kerti Iswara, Kepala Dinas KBPP I Gusti Agung Laksmi Dharmayanti, Camat Denpasar Utara Nyoman Lodra Beserta OPD Setda Kota Denpasar Lainya.

Jaya Negara dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Ibu setiap tahun menunjukkan bahwa kaum perempuan Indonesia telah menempuh jalan panjang untuk mewujudkan peran dan kedudukan perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

‘’Saya berharap dengan dilaksanakan seminar ini dapat mempertebal semangat semua komponen untuk mencapai kemajuan berbagai bidang pembangunan serta dapat mendorong semua pihak untuk memberi perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor,” harapnya.

Selain dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan bila di beri peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidup dan mengembangkan segala potensi serta kemampun yang dimiliki.

Sementara Kepala Dinas P3AP2KB, I Gusti Agung Laksmi Dharmayanti mengatakan, peringatan Hari Ibu ke-91 tahun ini di Kota Denpasar diisi dengan berbagai kegiatan. Di antaranya penanaman pohon, kegiatan sosial, dan seminar.

Seminar dengan tema ‘Kedudukan Perempuan Bali dalam Hukum Adat Bali’ menampilkan tiga nara sumber, yaitu I Wayan P Windia  selaku Pakar Hukum Adat, AA Ketut Sudiana selaku Bendesa Madya dan Majelis Desa Adat Kota Denpasar , serta Ny. Retno Indaryanti Kusuma, seorang psikolog dari RSUP Sanglah. (tra)