Ledakan Granat Asap di Monas, DPR Minta Pengamanan di Ring 1 Dievaluasi

Korban ledakan granat di kawasan Monas, Jakarta.

Beritabalionline.com – Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin menilai perlu ada evaluasi pengamanan di sekitar ring 1 sekitar Istana Negara pasca-ledakan granat asap di Monas. Ledakan terjadi di area sisi utara Monas, tepat di seberang Kantor Kementerian Dalam Negeri dan dekat dengan Istana.

“Ya tentu evaluasi itu, tentu (perlu) dalam areal yang cukup prime ya. Krusial,” kata Azis di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (3/12/2019).

Apalagi, kawasan Monas juga menjadi salah satu pusat wisata dan olahraga di warga Jakarta. Azis meminta kepolisian menuntaskan masalah keamanan di kawasan tersebut.

“Itu juga tempat orang berolahraga kalau pagi hari orang berolahraga dari jam 5 sampai jam 7-an olahraga di situ. Nanti kami minta pada aparat kepolisian bisa menuntaskan masalah ini. Tentu bekerjasama dengan instansi-instansi lembaga terkait dan penuntasan masalah yang mengganggu rasa aman masyarakat,” ujarnya.

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, belum mau menanggapi ledakan yang terjadi persis di Jalan Medan Merdeka Utara depan kantor Kementerian Dalam Negeri. Dia menyerahkan penyelidikan peristiwa itu ke Polda Metro Jaya.

“Tadi baru (tahu) dari media, jadi kita masih tunggu ada apa, siapa yang melakukan, motifnya apa,” kata Ma’ruf usai menghadiri acara Hari Internasional Disabilitas, Senayan, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Dia mengklaim, saat ini kondisi sudah aman dan diyakininya kepolisian bisa menjaga keamanan di kawasan sekitar ring 1 itu. Ring 1 adalah wilayah dengan pengaman super ketat karena ada bangunan objek vital seperti Istana Negara.

“Aman, aman aman, aman,” ungkap Ma’ruf.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan kawasan Monas akan kembali dibuka usai disterilisasi.

“Monas masih steril tapi akan sebentar lagi dibuka seperti biasa. Karena ini hanya granat asap. Dan kita akan menyelidiki secara mendalam,” kata Gatot di lokasi, Selasa (3/12/2019).

BACA JUGA:  Pramugari yang Disebut Jadi Gadis Simpanan Bos Garuda Laporkan Akun Twitter @digeeembok ke Polda Metro

Polisi telah menyisir sekitar kawasan Monas. Gatot memastikan tidak ada lagi granat asap yang ditemukan di sekitar Monas.

“Untuk sekarang sudah disisir enggak ada kita sisir sudah enggak ada. Jadi saya imbau jangan khawatir saya dengan Pangdam amankan, jangan khawatir,” ucap dia.

Dua Anggota TNI Serka Fajar dan Praka Gunawan menjadi korban ledakan di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Kondisi Serka Fajar cukup parah.

“Serka Fajar tangan kiri kondisi saat ini sadar. Masih sempat duduk pas kejadian, jadi bukan sesuatu hal serius,” kata Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono di lokasi.

Eko melanjutkan, Praka Gunawan mengalami luka ringan di paha. Bahkan, Gunawan sempat minta bantuan kepada rekan-rekanan.

“Keduanya dirawat di RSPAD. Kita masih mencari info lebih lanjut, ini bukan sesuatu luar biasa tetapi kita masih dalami,” katanya. *itn