Delapan Atlet Difabel Bali Sudah Jadi ASN

Wayan Sumertayasa.

Beritabalionline.com – Pelatih atlet difabel Bali Wayan Sumertayasa mengatakan setiap tanggal 3 Desember, Dunia memperingati Hari Disabilitas Internasional untuk memberikan dukungan, perhatian, serta pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. Tidak terkecuali untuk atlet difabel di Pulau Dewata selama ini sudah dirasakan langsung salah satunya diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“ Tercatat sejak tahun 2010 hingga saat ini ada 8 atlet difabel yang sudah diangkat sebagai ASN,” katanya di Denpasar, Selasa (3/12/2019).

Lebih lanjut Wayan Sumerta menjelaskan delapan atlet itu masing-masing Wayan Sumertayasa, Komang Sarira, Made Sudarsana, Kristiani, Made Artini, Gede Agung, Nengah Widiasih A, dan Nengah Widiasih B. Ditanya sarana prasarana olahraga untuk para atlet difabel, pria yang juga sebagai guru di SLB Negeri 1 Gianyar itu mengatakan fasilitas olahraga sudah tersedia, bahkan sejak lama telah dimanfaatkan untuk latihan bagi atlet yang akan mempersiapkan diri mewakili Bali di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2020 di Jakarta.

“Untuk fasilitas sarana olahraga kita sudah diperhatikan oleh pemerintah walaupun secara bertahap. Tentunya perhatian pemerintah sudah sangat besar dengan olahraga disabilitas, sama dengan di reguler,” ungkapnya.

Pelatih PASI Gianyar itu menambahkan dalam Peparnas 2020 nanti, NPC Bali rencananya akan memberangkatkan 60 orang atlet untuk bertanding dalam 13 cabang olahraga.(yza)

BACA JUGA:  Hadi Purnomo Serahkan Dana Pembinaan dan Semangati Atlet Bali Eksibisi Esports PON XX