Ungkap Penipuan Online, Polda Metro Jaya Tangkap 19 WNA China

WN China sindikat penipuan online yang ditangkap Polda Metro Jaya.

Beritabalionline.com – Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus penipuan online yang melibatkan WNA asal China. Dalam kasus ini, polisi mengamankan 91 orang WNA asal China di tujuh lokasi yang berada di Jakarta.

“Kita melakukan penangkapan 91 orang di tujuh lokasi, dari tujuh lokasi itu enam lokasi kita dapat barbuk berupa hp, komputer, laptop. Dan pada satu titik di daerah kembangan kita hanya temukan barbuk saja,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono di Polda Metro Jaya, Selasa (26/11/2019).

Gatot menyampaikan penindakan dilakukan berdasarkan informasi yang didapat dari kepolisian China. Di mana di Indonesia ada penipuan yang dilakukan oleh WNA asal China yang melakukan aksinya.

“Kita melakukan penindakan karena dua minggu lalu mendapat info dari teman-teman polisi China dan Kedubes China bahwa di Indonesia ada tindakan atau pelaku kejahatan WNA China yang korbannya ada di China,” ujarnya.

Dalam melakukan modusnya kelompok ini berpura-pura berperan sebagai Polisi, Jaksa dan juga Banker. Mereka sudah mengetahui latar belakang korban dan mengiming-imingi korban dapat menangani masalah yang sedang korban alami.

“Modusnya mereka seolah-olah menjadi seorang Polisi, Jaksa, Banker yang korbannya ada di China, mereka tau siapa korbannya-korbannya. Korbannya punya masalah dan membayar kepada kelompok ini. Uangnya diambil, mereka menghilang,” jelas Gatot.

Dia mengatakan ada perbedaan penipuan kali ini dengan sebelumnya, yaitu pada penipuan sebelumnya WNA asal China hanya mengaku-ngaku berperan sebagai Polisi atau Jaksa, namun kali ini ada yang berperan sebagai Banker.

“Yang Banker menawari investasi. Dari investigasi sementara kerugian mencapai 36 miliar rupiah. Saat ini kepolisian sedang koordinasi dengan imigrasi untuk menangani pelaku-pelaku kejahatan ini,” tutup Gatot. *itn