Presiden Jokowi: Guru Penggerak Indonesia Maju

Presiden Joko Widodo.

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut guru merupakan penggerak Indonesia Maju. Pernyataan tersebut disampaikannya dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2019.

“Guru adalah penggerak Indonesia Maju,” kata Jokowi melalui akun media sosialnya dikutip merdeka.com, Senin (25/11/2019).

Guru, lanjut Jokowi, tidak akan pernah tergantikan oleh mesin secanggih apa pun. Guru membentuk karakter anak bangsa dengan budi pekerti, toleransi, dan nilai-nilai kebaikan.

“Guru menumbuhkan empati sosial pada diri anak didik, membangun imajinasi dan kreativitas, serta mengokohkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa,” ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kemudian menyinggung perkembangan dunia dan teknologi yang sangat cepat. Di tengah perkembangan dunia itu, para guru dituntut untuk tidak sekadar mengajar, tetapi juga mendidik dengan lebih fleksibel, kreatif, menarik dan lebih menyenangkan.

Juru Bicara Kepresidenan, Fadjroel Rachman, mengatakan Jokowi berulang kali menegaskan guru bukan sekadar pekerjaan atau profesi. Guru adalah manusia yang menyiapkan masa depan sebuah bangsa.

“Bersama para guru yang berdedikasi, inovatif dan kreatif, kita akan mendorong bangsa menuju Indonesia Maju,” kata Fadjroel. (itn)

BACA JUGA:  Jumlah Pasien Covid-19 di Indonesia Melonjak Tajam, Capai 121.226 Orang