Bobol Kartu Kredit Milik Wisatawan Inggris, Mahasiswi Afrika Huni Sel Polsek Kuta

Pelaku beserta barang bukti yang diamankan polisi. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Perempuan asing asal Mauritania, Afrika bernama Roughaya Abaedi (31) dijebloskan ke sel Mapolsek Kuta usai melakukan pencurian di Ala Hostel, Jalan Drupadi Basangkasa, Seminyak, Kuta, Badung, Bali.

“Korbannya warga asing asal Inggris. Pelaku mengambil tas korban yang berisi barang-barang termasuk kartu debit. Pelaku lalu menggunakan kartu debitnya sehingga korban menderita kerugian Rp400 juta lebih,” terang Kapolsek Kuta AKP Teuku Ricky Fadlianshah saat dikonfirmasi, Senin (18/11/2019).

Kasus ini berawal saat korban bernama Holly Jemima Hartley (22) check-in di Ala Hostel, Senin (21/10/2019) sekitar pukul 11.00 WITA. Korban saat itu menyewa kamar bersama 6 orang lain.

Usai menaruh tas gendong miliknya yang didalamnya terdapat dompet berisikan debit card, credit card, travel card dan driving livense England, korban bersama teman-temannya jalan-jalan ke pantai Kuta.

Belum lama di pantai, korban ditelepon ayahnya dan mengatakan ada informasi dari pihak bank bahwa terjadi transaksi besar melalui credit card milik korban sebanyak 13 kali transaksi dengan total 22.765,42 Pound Sterling atau Rp 414.222.970.

“Korban langsung kembali ke hotel dan mengecek tas gendong miliknya. Di sana baru diketahui credit card beserta draving licence England-nya hilang,” jelas Kapolsek.

Selain mendatangi TKP, Unit Reskrim Polsek Kuta yang menerima print out transaksi bank dari korban juga mendatangi Yulia Jewelerry di Mall Bali Galeria. Di toko tersebut diperoleh keterangan ada transaksi yang dilakukan 2 orang perempuan dengan ciri-ciri 1 WNA dan 1 orang WNI.

Tidak hanya di Yulia Jewelerry, pelaku juga menggunakan credit card milik korban di Nike MBG, OKe Shop MBG, Athena Jewelerry MBG. Berbekal rekaman CCTV, petugas akhirnya mengantongi ciri-ciri kedua pelaku.

BACA JUGA:  Wanita Muda di Denpasar Dibunuh di Kamar Kosnya, Jenazah Berlumuran Darah

Sepekan lebih melakukan penyelidikan, Kamis (31/10/2019) sekitar pukul 22.00 WITA, tim Opsnal Reskrim Polsek Kuta mendapat informasi bahwa diduga pelaku berada di Vila De Bale Legian, Kuta, Badung.

“Pelaku dapat diamankan saat berada di dalam kamar tempatnya menginap,” terang Kapolsek AKP Teuku Ricky.

Saat diinterogasi, pelaku yang masih berstatus mahasiswi di negaranya ini mengakui perbuatannya telah mencuri barang milik korban, dan beberapakali menggunakan credit card milik korban bertransaksi di MBG.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan barang bukti berupa seperangkat emas seperti kalung, anting dan subeng cincin, struk belanja Athena Jewelerry, struk belanja Nike, sepasang sepatu Nike, serta selembar Driving Licence

“Pelaku dikenakan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” kata Kanit Reskrim Iptu Putu Ika Prabawa saat mendampingi Kapolsek. (agw)