Air Laut Surut, KMP Trisakti Adinda Kandas di Pelabuhan Gilimanuk

Evakuasi penumpang kapal kandas di Pelabuhan Gilimanuk. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Kapal penumpang KMP Trisakti Adinda kandas saat hendak sandar di dermaga LCM Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali. Kejadian tersebut mengakibatkan puluhan penumpang kapal panik.

“Kapal dengan 15 orang ABK tersebut mengangkut 49 orang penumpang yang terdiri dari 46 penumpang dewasa, 3 penumpang anak-anak,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Hariadi Purnomo saat dikonfirmasi, Kamis (14/11/2019).

Sebelum kandas, kapal berangkat dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Rabu (13/11/2019) sekitar pukul 20.00 WIB. Belum sempat bersandar, air di sekitar Pelabuhan Gilimanuk surut hingga menyebabkan kapal tidak bisa bergerak.

KMP Trisakti Elfina yang berada tidak jauh dari KMP Trisakti Adinda berusaha menarik namun gagal.

Kantor Basarnas Bali yang menerima informasi dari TNI AL Pos Gilimanuk, Kamis (14/11/2019) pukul 00.50 WITA menerjunkan RIB (Rigid Inflatable Boat) atau kapal cepat untuk mengevakuasi penumpang.

“Pada pukul 02.50 WITA, seluruh penumpang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan dibawa menuju Pelabuhan Gilimanuk,” terang Hariadi Purnomo.

“Saat seluruh penumpang telah dievakuasi, Kapten Kapal bernama Ana Riana beserta 15 ABK tetap berada di kapal sembari menunggu air laut pasang,” jelasnya. (agw)

BACA JUGA:  Kepala Rutan Bangli dan Pegawainya Terkonfirmasi Corona