Melalui Utsawa Dharma Gita, Rai Mantra Ajak Generasi Muda Lestarikan Seni Budaya

Wali Kota Denpasar IB Rai Mantra saat membuka Utsawa Dharma Gita. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pemerintah Kota Denpasar selalu berusaha menjaga budaya dan tradisi dengan melestarikan serta melibatkan kaum muda di dalamnnya. Salah satunya adalah penyelenggaraan Utsawa Dharma Gita Kota Denpasar yang secara khusus dihadiri Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Even seni budaya tahunan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Denpasar di Wantilan Pura Desa lan Puseh Desa Peguyangan, pada Sabtu (2/11/2019). Turut hadir Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar IGN Bagus Mataram, Camat Denpasar Utara I Nyoman Lodra dan masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra menyambut baik dilaksanakannya kembali kegiatan Utsawa Dharma Gita ini. Dia berharap kegiatan ini dapat menguatkan pengembangan dan pelestarian kebudayaan Bali secara berkesinambungan.

“Modernisasi saat ini diharapkan mampu memperkuat kebudayaan Bali dengan berpikir yang baik mampu memilah mana yang baik dan mana yang buruk,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Widya Sabha Kota Denpasar sekaligus Ketua Panitia, I Made Suarta Wijaya mengatakan bahwa apa yang disampaikan dan menjadi harapan wali kota tentu menjadi acuan baginya untuk melaksanakan program berbagai kegiatan di bidang pelestarian budaya.

“Kami senantiasa memfasilitasi dan mendukung beragam program penguatan budaya yang bisa melibatkan anak-anak muda seperti kegiatan ini,” ungkapnya.

Kegiatan Utsawa Dharma Gita diisi dengan berbagai lomba, di antaranya lomba macepat dan kidung yang diikuti oleh anak-anak dan remaja, pembacaan sloka, palawakya dan kekawin dengan peserta remaja dan dewasa serta dharma wacana yang diikuti oleh peserta dewasa.

Lomba diikuti sebanyak 45 peserta dari 4 kecamatan se-Kota Denpasar (Denpasar Timur, Denpasar Selatan, Denpasar Barat dan Denpasar Utara). (tra)

BACA JUGA:  Angka Kesembuhan Pasien Positif Covid-19 di Bali Capai 85,80 Persen