Kodam IX/Udayana Siapkan Pengamanan Jelang Kunjungan Wapres Ma’ruf Amin ke Bali

Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP kunjungan kerja Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin oleh Kodam IX/Udayana. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Estu Wury Ma’ruf Amin akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bali. Kedatangan Wakil Presiden dalam rangka menghadiri sekaligus membuka konferensi IPOC (Indonesian Palm Oil Conference) 2019 and 2020 Price Outlook di Nusa Dua, Bali.

“Untuk mengoptimalkan pelaksanaan pengamanan VVIP perlu perencanaan yang cermat dan antisipasi serta penanggulangan kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto.

“Sehingga beberapa hari sebelum kunjungan, telah dirumuskan cara bertindak yang tepat untuk dilaksanakan dengan baik oleh Satuan Kewilayahan dan aparat terkait lainnya,” papar Pangdam dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, pada Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta rombongan, Rabu (30/10/2019) di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar.

Seperti yang diketahui bersama, lanjut Pangdam, Pengamanan VVIP yang dilaksanakan bertujuan untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan pribadi dari VVIP serta menjamin keamanan wilayah yang dikunjungi.

“Pengamanan VVIP yang kita laksanakan ini harus dilakukan secara maksimal dan sesuai SOP, masing-masing personel harus tahu siapa dan berbuat apa, sehingga hal ini tidak boleh menjadi sesuatu yang monoton dan rutinitas. Setiap operasi pengamanan adalah sesuatu yang baru dan selalu ada dinamika berbeda di lapangan. Oleh karena itu diperlukan kepedulian, sikap tanggap dan kesiapan semua Satgaspam,” tegas Pangdam.

Pangdam menambahkan, setiap unsur harus disiplin menjaga mental, fisik serta tidak menunjukkan tindakan yang tidak simpatik, arogan dan sok kuasa. Waspadai dan monitor daerah-daerah rawan dengan upaya antisipasi penanganan secara terpadu lintas sektoral.

BACA JUGA:  Kasus Positif Covid-19 di Bali Bertambah 47 Orang, Denpasar Terbanyak (30), Karangasem Terkecil (1)

“Semua yang saya sampaikan ini agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga kegiatan kunjungan Kerja Wakil Presiden RI beserta Ibu Hj. Estu Wury Ma’ruf Amin dan Rombongan ke Provinsi Bali dapat berjalan aman dan lancar,” ucap Pangdam mengakhiri amanatnya.

Konferensi minyak sawit terbesar dunia ini diselenggarakan oleh GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia). Acara yang akan berlangsung, Kamis (31/10/2019) diperkirakan diikuti lebih dari 1.500 peserta yang berasal dari 18 negara. (agw)