Gianyar Alokasikan Dana Rp 2 Milyar untuk Puslag

Pande Purwata

Beritabalionline.com – Seiring meningkatnya geliat keolahragaan di kabupaten Gianyar, Bupati Gianyar Made Mahayastra juga tidak tanggung-tanggung mengucurkan dana pembinaan yang cukup besar untuk memajukan bidang keolahragaan di kabupaten bumi seni.

Start Januari 2020, Gianyar siap mendirikan Pusat Latihan Atlet Gianyar (Puslag) dibawah komando Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Gianyar. Puslag tersebut akan dihuni atlet lokal Gianyar peraih medali Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) Bali September lalu.

Ketua Umum KONI Gianyar Pande Made Purwata kepada RRI di Gianyar Rabu (30/10/2019) mengatakan untuk menjalankan program Puslag Pemerintah Kabupaten Gianyar mengalokasikan dana sekitar Rp 2 milyar rupiah.

“Kami sudah mengajukan dan sudah disetujui bapak bupati kami. Nominalnya itu hampir Rp 2 milyar per tahun,” ungkapnya.

Pria yang juga mantan anggota DPRD Gianyar itu, lebih lanjut menilai program Puslag ini cukup efektif dilakukan sebagai jawaban untuk meningkatkan prestasi para patriot olahraga di Gianyar. Ia mencontohkan beberapa daerah seperti Jawa Barat maupun Jawa Timur yang sangat maju olahraganya juga merancang program pembinaan jangka panjang.

“Program Puslag inilah yang akan menjadi landasan kita agar kita tidak hanya berkutat dan fokus merebut posisi tiga. Kalau nantinya program Puslag ini sudah berjalan 2 tahun, kami tidak berangan-angan di rangking 3 lagi, tetapi posisi dua berpeluang untuk kami rebut,” tegasnya.

Menyinggung soal kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) pelatih untuk membina atlet selama di Puslag, Pande Made Purwata mengatakan siap mendatangkan pelatih-pelatih handal yang profesional. Termasuk nantinya kesejahteraan atlet penghuni Puslag akan diperhitungkan seperti uang saku, termasuk diikutkan asurasi kesehatan maupun ketenagakerjaan.(yes)

BACA JUGA:  Bali United Fokus Persiapan Liga 1 2019