Divonis 10 Bulan Penjara, WN Rusia Pemilik 0,29 Gram Hasis Langsung Terima

Terdakwa Alexsandr Ganin didampingi penerjemah saat menjalani sidang vonis di PN Denpasar. (foto : SAR)

Beritabalionline.com – Hukuman penjara bagi warga negara asing (WNA) yang terjerat kasus narkoba nampaknya jauh dari memberi efek jera. Bagiamana tidak, hampir sebagain besar WNA yang diadili di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar mendapat tuntutan dan vonis ringan dari jaksa maupun majelis hakim.

Kali ini vonis ringan diberikan majelis hakim PN Denpasar pimpinan Esthar Okatavi kepada Alexsandr Ganin, asal Rusia yang ditangkap memiliki narkotika jenis hasis seberat 0,29 gram.

Dalam sidang, Selasa (29/10/2019) majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum menyalahgunakan narkotika bagi dirinya sendiri. Perbuatan terdakwa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 127 ayat (1) huruf a UU narkotika.

“Menghukum terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 10 bulan potong masa tahanan,” tegas Hakim Esthar dalam amar putusannya yang dibacakan dihadapan terdakwa dan JPU Cokorda Intan Melany Dewie.

Mendengar putusan yang cukup ringan, terdakwa yang didampingi pengacara dari PBH Peradi Denpasar itu langsung menyatakan menerima. “Dia menerima yang mulia,” kata terdakwa melalui penerjamahnya.

Diberitakan sebelumnya, sepak terjang terdakwa yang tinggal sementara di Kamar 11 Rimbabird Guest House Jalan Semat, Tibubeneng, Kuta Utara, terendus ketika pihak kepolisian mendapat informasi dari masyarakat yang menyebutkan ada perederan Narkotika di seputaran wilayah Desa Tibubeneng yang melibatkan WNA.

Selanjutnya pada 23 April 2019, sekitar pukul 14.30 Wita, terdakwa yang dipanggil Alex terlihat melintas mengendarai sepeda motor NMax di Jalan Semat lalu masuk Gang Pucuk Merah.

Ditempatnya menginap di Rimbabrid Guest House, polisi langsung melakukan penangkapan yang disertai pengeledahan. Dari tangan terdakwa, polisi berhasil menemukan barang bukti narkoba jenis hasis dengan berat bersih mencapai 0,29 gram. (sar)