Modus Selundupkan Narkoba dalam Roti Terbongkar, Umar Diringkus Polisi

 

Umar Chattab Bamattarat kedapatan menyelundupkan sabu ke dalam Lapas diamankan polisi. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Gerak gerik Seseorang pria yang hendak mengirimkan makanan kepada tahanan atas nama Balon di Lapas Singaraja pada Sabtu (26/10/2019) lalu, tampak mencurigakan saat hendak masuk ke dalam ruang portir. Pria tersebut masih menggunakan helm dan tampak gelisah.

Melihat itu, dua petugas P2U yakni I Wayan Astira dan I Komang Satria Dinata, sesuai prosedur melakukan pemeriksaan terhadap pria tersebut, termasuk barang yang dibawanya.

Dari hasil pemeriksaan terhadap barang yang dibawa, yaitu berupa dua buah roti ternyata di dalamnya berisi barang terlarang (narkotika jenis sabu). Dari kejadian tersebut, kedua petugas kemudian melaporkan temuannya kepada Kalapas, yang kemudian berkoordinasi dengan Kepala BNN Kabupaten Buleleng.

Pihak BNN yang selanjutnya melalukan pemeriksaan secara lebih seksama atas dua roti yang dibawa pria bernama Umar Chattab Bamattarat (26) itu, ternyata benar di dalamnya berisi serbuk sabu-sabu seberat 0,48 gram.

Kalapas Singaraja Risman Soemantri ketika dikonfirmasi awak media pada Minggu (27/10/2019), membebenarkan bahwa pihaknya bersama BNN telah menyita narkotika jenis sabu-sabu dari tersangka Umar yang mengaku akan bezuk dan mengantarkan makanan kepada tahanan bernama Balon.

Dari hasil penyelidikan, tersangka Umar mengaku baru pertama kali mencoba menyelundupkan narkoba ke dalam lapas, namun langsung tertangkap. Dia juga mengaku tertarik memasukkan narkoba sehubungan di Lapas Singaraja tidak ada barang beredar, sehingga nekat melakukannya.

Sebelum masuk ke lapas, antara Umar dan Balon terlebih dahulu berkomunikasi lewat HP, sehingga diputuskan untuk mengiriman barang pada jam-jam kunjungan dan menanti waktu yang tepat. Namun berkat kesigapan petugas P2U, penyelundupan dapat digagalkan, meski telah menggunakan modus memasukkan narkoba ke dalam dua buah panganan roti. (itn)

BACA JUGA:  Hina Istri Anggota TNI, Pria Ini Divonis 3 Bulan Penjara