Hari Sumpah Pemuda di Bangli, Menpora: Wahai Pemuda Indonesia, Dunia Menunggumu

Bupati Bangli, I Made Gianyar menjadi inspektur upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-91. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Bupati Bangli I Made Gianyar, Senin (28/10/2019) memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 di Kabupaten Bangli. Acara yang dipusatkan di Lapangan Kapten Mudita Bangli itu, dihadiri oleh Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Sekda Bangli I.B. Gde Giri Putra, Forkompinda Bangli dan ratusan peserta dari unsur ASN di lingkungan Pemkab Bangli, anggota TNI/Polri, serta pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA.

Menteri Pemuda dan Olah Raga dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Made Gianyar mengatakan, hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”.  Tema ini diperuntukkan bagi seluruh elemen bangsa, terutama bagi pemuda. Karena ditangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju.

Selain itu, tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928.

Dijelaskan, saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik. Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam.

Menghadapi situasi ini, Menpora berharap peran pemuda Indonesia dapat bersaing dalam bentuk apapun, tentunya dalam hal yang positif, karena pemuda adalah masa depan bangsa dan negara.

Menurutnya, kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan yang lebih baik.

BACA JUGA:  Pegawai Dishub Kontak Langsung Dengan Penderita Covid-19, Klungkung Bertambah 4 Positif

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu. Berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita. Pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,“ ajak Menpora. (tra)