Gubernur Koster: Bali Siap Sambut Era Kendaraan Listrik

Gubernur Bali Wayan Koster melepas konvoi kendaraan listrik. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – PLN bersama Pemerintah Provinsi Bali melakukan konvoi kendaraan listrik. Konvoi yang juga diikuti Tesla, Gesit, Viar, Selis dan Grab Indonesia ini digelar dalam rangka peringatan Hari Listrik Nasional ke-74 sekaligus mengampanyekan penggunaan kendaraan listrik.

“Bali telah bersiap untuk menyambut era kendaraan listrik. Saat ini Pemerintah Provinsi Bali sedang menyusun kebijakan terkait kendaraan listrik,” ucap Gubernur Bali I Wayan Koster saat melepas konvoi kendaraan listrik rumah jabatan Gubernur Bali Jaya Sabha, Minggu (27/10/2019).

Nantinya lanjut Koster, Pemerintah Provinsi Bali akan membentuk zonasi kendaraan listrik khususnya di pusat-pusat pariwisata.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Bali, Nyoman Suwarjoni Astawa menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan PLN terhadap kebijakan Pemerintah Provinsi Bali.

“Melalui konvoi ini, PLN ingin menyakinkan masyarakat bahwa kendaraan listrik sangat aman dan ramah lingkungan untuk digunakan sehari-hari. Tadi kami sudah mencoba mengendarai kendaraan listrik sekitar 25 kilometer dan kendaraan itu sangat nyaman digunakan di Bali,” ujar Astawa.

Tidak hanya melakukan konvoi, PLN juga berkomitmen dalam penyediaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum.

“Kami akan pasang SPKLU guna mempermudah masyarakat untuk mengisi daya kendaraan listriknya. Dalam waktu dekat akan kami buka di bagian depan kantor PLN UP3 Bali Selatan, Jalan Sudirman,” jelas Astawa.

Konvoi kendaraan listrik yang berakhir di Lapangan Bajra Sandhi Renon, Denpasar menarik perhatian masyarakat yang tengah berolahraga. Masyarakat terlihat antusias ketika melihat langsung mobil dan motor listrik.

Bahkan mereka juga mencoba mengendarai motor listrik yang disediakan oleh PLN serta mencoba scooter listrik milik Grab. (agw)

BACA JUGA:  Dilantik Sebagai Kepala BNN Bali, Ini Harapan Brigjen Gde Sugianyar