Cok Ace: Bali Jadi Target Kejahatan Besar, SENKOM Diharapkan Ikut Berperan Jaga Keamanan

Wakil Gubernur Bali Cok Ace menerima audensi SENKOM Mitra Polri Bali yang dipimpin H.M. Bagus Wiyono, SH., MH. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) mengapresiasi pelatihan bela negara yang akan diikuti oleh Sentral Komunikasi (SENKOM) Mitra Polri Bali di Jakarta.

“Saya berharap melalui pelatihan-pelatihan yang diikuti bisa dijadikan bekal dalam menjaga Bali ke depan,” ucap Wakil Gubernur Bali Cok Ace saat menerima audiensi dari rombongan SENKOM Mitra Polri Bali yang dipimpin oleh H.M. Bagus Wiyono, SH., MH di ruang kerjanya di Denpasar, Senin (28/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut Wagub Cok Ace menjelaskan Bali termasuk wilayah yang aman di Indonesia, namun sistem pengamanan juga tidak boleh disepelekan.

“Beberapakali Bali menjadi target kejahatan besar, termasuk terorisme, jadi saya harap melalui pelatihan seperti ini bisa menambah wawasan kita dalam menanggulangi kejahatan,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi kerja sama yang dilakukan oleh SENKOM Mitra Polisi dengan aparat keamanan dalam menjaga keamanan.

“Ke depan saya harap SENKOM tidak hanya menjadi partner POLRI atau TNI dalam menjaga keamanan, namun juga bisa mengedukasi warga, sehingga tingkat pengamanan Bali makin tinggi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub lantas berharap agar SENKOM bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat selama pelatihan, serta bisa mentransfer ilmu tersebut ke masyarakat.

Sebelumnya Ketua SENKOM Mitra Polri Bali H.M. Bagus Wiyono menyatakan jika organsiasi yang dipimpinnya akan mengikuti Diklat Nasional pengamanan di Jakarta pada tanggal 6-8 Nopember mendatang.

“Rencananya diklatnas akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. Untuk pelatihan tersebut akan diikuti oleh 4 personel dari Provinsi serta 2 personel dari masing-masing Kabupaten/Kota,” jelasnya.

BACA JUGA:  Cek Aktivitas Orang Asing, Tim Pora Obok-obok Wilayah Ubud

Ditambahkan, Senkom Mitra Polri adalah kelompok masyarakat yang ingin berperan dalam membantu menginformasikan dan membantu pengamanan lingkungan disekitarnya, atau di mana saja berada serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengamanan swakarsa di lingkungan masing-masing sebagai wujud bela negara dengan semangat patriotisme dan nasionalisme dalam wadah NKRI.

Ada tiga divisi dalam organisasinya yang mewakili beberapa kegiatan seperti di bidang Kamtibnas yaitu kerjasama dengan POLRI, bela negara yaitu pengamanan dengan bekerjasama dengan TNI serta Kementrian Pertanahan serta ikut serta menjadi Relawan penanggulangan bencana yang bekerjasama dengan BPBD.

“Untuk masalah keamanan, kita sering diajak diskusi oleh Kepolisian dan juga TNI, jadi kami bersinergi bekerja dalam menciptakan kenyamanan untuk masyarakat. Sementara dengan BPBD kami sering ikut serta dalam acara pelatihan dan simulasi kebencanaan,” tegasnya. (agw)