Wakil Ketua DPR Nilai Idham Aziz Layak Jadi Kapolri

Komjen Idham Aziz.

Beritabalionline.com – Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menilai Komjen Idham Aziz layak menjabat sebagai Kapolri. Idham rencananya akan segera diuji kelayakan dan kepatutan Kapolri menggantikan Tito Karnavian.

Dasco mengatakan, Idham memiliki beragam kualifikasi untuk menjabat sebagai Kapolri. Mulai dari pangkat, angkatan dan kinerja.

“Oleh karena itu, yang bersangkutan sangat kompeten, memenuhi syarat kualifikasi untuk jadi seorang Kapolri baik dari sisi kepangkatan maupun angkatan. Dan saya mendukung penuh beliau untuk dijadikan Kapolri oleh Presiden Republik Indonesia,” kata Dasco kepada wartawan di Jakarta, pada Jumat (25/10/2019).

Dia juga menilai Idham sebagai sosok yang tidak banyak bicara, namun banyak bekerja. “Sosok Idham Aziz adalah sosok yang pendiam, sedikit bicara, banyak bekerja, dan selama ini selalu bekerja dengan diam tapi dengan hasil yang nyata,” ucapnya.

Diketahui, DPR telah menerima Surat Presiden tentang pengajuan Kabareskrim Komjen Idham Aziz sebagai calon Kapolri. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad membenarkan telah menerima surat tersebut dari Presiden Joko Widodo siang ini (23/10/2019).

“Benar Pak Idham Aziz,” kata Dasco saat dikonfirmasi, Rabu (23/10/2019).

Tito Karnavian mengundurkan diri sebagai Kapolri dan anggota Polri karena menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju. Presiden Jokowi mengumumkan Tito sebagai Menteri Dalam Negeri. Jokowi langsung menunjuk Komjen Idham Aziz sebagai Kapolri. (itn)