Presiden Jokowi Resmi Lantik 12 Wakil Menteri, 1 Orang Wanita

Presiden Jokowi saat memperkenalkan 12 Wakil Menteri di Istana Negara.

Beritabalionline.com – Setelah memperkenalkan dan melantik para menteri Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/10/2019) lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi)  pada Jumat (25/10/2019) siang melantik 12 nama sebagai wakil menteri untuk memperkuat jajaran menteri di kabinet tersebut.

Mereka yang dilantik di Istana Negara Jakarta itu berasal dari berbagai latar belakang, ada yang dari partai politik, profesional, termasuk juga dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) dan diplomat yang bertugas di Kedutaan Besar RI untuk Amerika Serikat.

Berikut 12 nama wakil menteri yang akan menjalankan tugas hingga lima tahun ke depan itu, masing-masing:

1  Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.
2  Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono.
3  Wakil Menteri Agama Zainud Tauhid
4  Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazar
5  Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga
6  Wakil Meteri PUPR Wempoi Wetipo
7  Wakil Menteri LKH Alue Dohong
8  Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Setiadi
9  Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra
10 Wakil Menteri BUMN (I) Budi Gunadi Sadikin
11 Wakil Menteri BUMN (II) Kartika Wirjoatmodjo
12 Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angelia Tanoesoedibjo

Wamen Mahendra Siregar, selama ini menjabat Wakil Duta Besar RI Untuk Amerika Serikat (AS), sedangkan Sakti Wahyu Trenggono, mantan Bendahara Umum Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf. Untuk Zainud Tauhid adalah politisi PPP, dan Suahasil Nazar, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan.

Wamen Jerry Sambuaga tercatat politisi Partai Golkar, Wempoi Wetipo mantan Bupati Jayawijaya, Alue Dohong selama ini menjabat Deputi Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut (BRG), serta Budi Arie Setiadi, Ketua Umum Projo.

Untuk Wamen Surya Tjandra merupakan politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Budi Gunadi Sadikin diketahui menjabat Direktur Utama Mining Industry Indonesia (MIND ID). Sementara Wamen Kartika Wirjoatmojo, Direktur Utama Bank Mandiri, dan Angela Tanoesoedibjo yang putri Ketua Umum Partai Perindo Harry Tanoesoedibjo, merupakan politisi Partai Perindo. (itn)