Suhu di Bali Capai 35 Derajat Celcius, BMKG Sebut Tertinggi dalam 30 Tahun Terakhir

Ilustrasi suhu panas.

Beritabalionline.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar mencatat suhu panas di Bali mencapai 35 derajat celcius. Disebutkan, angka ini paling tinggi dalam kurun waktu 30 tahun terakhir.

“Kondisi saat ini suhu (panas) di Bali cukup meningkat. Tercatat di bulan Oktober ini saja suhu mencapai 35 derajat tertinggi di Bali,” kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar, Iman Faturahman yang dikonfirmasi wartawan, di Denpasar pada Rabu (23/10/2019) sore.

“Jika dibandingkan dengan rata-rata 30 tahun (lalu) itu sekitar 34,9 (derajat Celcius). Tapi ini belum ekstrem. Jadi kalau dikatakan ekstrem itu, ketika suhunya lebih dari 35 (derajat Celcius),” ungkapnya.

Iman menjelaskan, kondisi itu terjadi suhu panas karena posisi matahari ada di sisi selatan, sekitar Jawa, Bali, NTT dan NTB. “Posisi saat ini memang matahari ada di selatan. Intensitas cahaya (atau) matahari lebih kuat, saya kira basic panas lebih banyak dan mencapai permukaan bumi,” imbuhnya.

Dikatakan pula, faktor lainnya menyebab suhu panas meningkat karena kondisi perawanan. Misalnya, sinar matahari tidak terhalang oleh awan dan sinar itu langsung mencapai permukaan bumi dan tidak ter-filter oleh awan yang mengakibatkan suhu panas akan lebih tinggi. (itn)

BACA JUGA:  Pelaku Pariwisata Apresiasi Pencegahan Covid-19 Oleh Pemrov Bali