Ini Alasan Presiden Jokowi Pilih Prabowo Jadi Menhan

Jokowi dan Prabowo saat pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju. (foto : Merdeka.com)

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, sebagai menteri pertahanan di Kabinet Indonesia Maju. Jokowi memiliki alasan memilih mantan rivalnya di Pilpres 2019 lalu sebagai pengganti Ryamizard Ryacudu.

Jokowi menilai Prabowo seorang yang kaya pengalaman di bidang tersebut. “Ya memang pengalaman beliau, pengalaman besar beliau ada di situ,” kata Jokowi saat berbicang bersama awak media di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Jokowi menegaskan, setelah Pilpres 2019 selesai, tidak ada lagi istilah oposisi. Saat ini, katanya, adalah bagaimana bergotong royong demi Indonesia maju.

“Kita masih menuju kepada sebuah proses demokrasi dalam bernegara ke depan. Saya kira proses-proses kematangan, proses berdemokrasi ini memang kita, semuanya masih dalam proses, tapi saya melihat itu menuju sebuah koridor yang semakin baik ke depan,” ungkap Jokowi.

Sebelumnya diketahui Prabowo Subianto telah ditunjuk Presiden Joko Widodo jadi Menteri Pertahanan. Dia menunjuk Prabowo sebagai Menteri Pertahanan. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun tidak mau banyak mengenalkan Prabowo tentang kerjanya. Dia pun yakin Prabowo bisa mengerjakan PR yang ada di kementerian.

“Menteri pertahanan bapak Prabowo Subianto, selamat pagi pak. Saya kira tugas beliau tidak perlu saya sampaikan, beliau lebih tahu dibanding saya,” kata Jokowi mengenalkan Prabowo di Veranda Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). (itn)