Bupati Gianyar Serahkan Bantuan Pembangunan Balai Banjar Tengah Tampaksiring

Bupati Made Mahayastra melakukan peletakan batu pertama pembangunan Balai Banjar, di Banjar Tengah, Desa/Kecamatan Tampaksiring Gianyar.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Setelah cukup lama menunggu, akhirnya warga Desa Adat Banjar Tengah, Tampaksiring Gianyar, kini akan memiliki bagunan balai banjar yang baru melalui program pembangunan Pemkab Gianyar. Untuk tahap awal ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Gianyar Made Mahayastra disaksikan Ketua DPRD Gianyar, I Wayan Tagel Winarta, sejumlah Kepala OPD terkait dan juga disaksikan prajuru adat setempat, Rabu (23/10/2019).

Pada kesempatan itu, Bupati Mahayastra juga menyerahkan bantuan dana sebesar RP 1 Milyar untuk pembangunan balai banjar setempat. Bupati Mahayastra juga mengatakan bantuan ini merupakan realisasi janjinya pada masyarakat setempat beberapa bulan lalu.

Bupati juga berharap masyarakat fokus pengerjaan pembangunan balai banjar, dan untuk pengawasannya diharapkan warga setempat turut berpartisipasi. “Janji sudah saya tepati, saya harap nanti warga Tampaksiring dan khususnya Banjar Tengah harus terus membangun desa adat, kembangkan potensi yang ada demi kesejahteraan warga,” tegas Bupati Mahayastra.

Karena untuk ke depannya, di tahun 2020, kata Bupati Mahayastra , Pemkab Gianyar lebih fokus pada kesejahteraan masyarakat terutama pengentasan kemiskinan. Akan ada bantuan bedah rumah, bantuan kesehatan, pendidikan, bantuan modal usaha dan lain-lainnya. Bahkan saat ini, data KK miskin di Gianyar sudah divalidasi.

Sementara itu, Kelian Adat Banjar Adat Tengah Dewa Gede Karsana menjelaskan, rencananya pembangunan balai banjar akan dikerjakan 2 lantai, dengan total biaya yang direncanakan dalam RAB nya adalah hampir sekitar Rp, 1, 8 milyar. Sisa dari kekurangan dana tersebut menurut Dewa Karsana, berdasarkan hasil rembuk dengan warga beberapa waktu lalu, tidak dibebankan pada warga setempat.

Panitia berencana akan menggali dana lewat bazzar dan sumbangan sukarela warga, baik itu berupa material bangunan atau uang, namun ini tidak diwajibkan. “Kami ingin bangunan balai banjar ini selesai, dengan tidak memberatkan warga masyarakat, kami juga mengucapkan banyak terimakasih pada Bupati Gianyar atas bantuaan untuk pembangunan balai banjar ini,” ujar Dewa Karsana.(yes)