Polda Bali dan Jajaran Gelar Operasi Cipkon Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres

Petugas gabungan menggelar operasi Cipkon jelang pelantikan Presiden. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 dijadwalkan berlangsung pada 20 Oktober 2019. Polda Bali bersama Polres jajaran menggelar Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) Agung 2019 mulai tanggal 17-21 Oktober 2019.

“Operasi yang digelar melibatkan ratusan personel kepolisian. Kegiatan ini untuk menjaga dan memberikan rasa aman kepada masyarakat menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden,” terang Direktur Samapta Polda Bali Kombes Pol. I Wayan Pinatih saat memimpin apel Operasi Cipkon Agung 2019 di parkir GOR Ngurah Rai Denpasar, Kamis (17/10/2019).

Dalam pelaksanaan, setiap hari petugas kepolisian melakukan kegiatan preemtif, patroli, pengecekan lapangan serta melakukan operasi kejahatan guna menjamin Provinsi Bali dalam keadaan aman dan kondusif.

“Saya berpesan pada saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih jangan sampai muncul masalah. Seluruh personel agar meningkatkan kewaspadaan, serta menguatkan jaringan. Apabila ada orang-orang yang ingin menganggu keamanan di wilayah hukum Polda Bali segera lakukan penindakan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang berlaku,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Direktur Samapta Polda Bali juga mengatakan, dalam kegiatan petugas di lapangan agar selalu berkoordinasi dan tetap solid dengan stakeholder terkait sehingga kegiatan operasi berjalan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

“Saya optimis dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang kita miliki, kita tetap dapat memberikan yang terbaik, untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” ucapnya.

Di Bangli, dalam rangka menjaga kondusifitas keamanan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Polres Bangli menggelar patroli gabungan bersama dengan TNI dan Satpol PP.

Kapolres Bangli AKBP Agus Tri Waluyo mengatakan, kegiatan patroli gabungan akan lebih diintensifkan sembari memberikan imbauan-imbauan Kamtibmas kepada warga masyarakat.

“Dalam patroli gabungan ini menggunakan mobil dan sepeda motor. Mereka menyambangi tempat keramaian, daerah rawan dan obyek vital. Kegiatan patroli gabungan ini merupakan upaya jajaran TNI-Polri dan unsur lainnya dalam rangka menciptakan rasa aman dan nyaman jelang pelantikan,” kata Kapolres. (agw)