Jokowi Bertemu SBY, Bahas Situasi Terkini, tapi Tidak Bahas Perppu KPK

Jokowi bertemu SBY di Istana. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku membahas situasi terkini saat bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka Jakarta. Namun, kedua tokoh politik itu tak membicarakan masalah peraturan pemerintahan pengganti undang-undang (perppu) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Padahal, perppu KPK adalah salah satu topik yang tengah dibicarakan oleh masyarakat. Berdasarkan hasil survei, mayoritas publik mendesak Jokowi menerbitkan perppu KPK.

“Enggak, enggak (membahas Perppu KPK),” kata Jokowi usai bertemu SBY di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Adapun yang dibahas Jokowi dan Presiden ke-6 RI itu seputar ekonomi dan politik. Jokowi dan SBY membicarakan masalah ekonomi dunia yang menuju resesi.

“Terutama berkaitan situasi eksternal dari sisi ekonomi, yang kita semua hati-hati karena perkembangan ekonomi dunia. Masalah dunia yang menuju pada resesi. Bicara banyak,” jelas Jokowi.

Seperti diketahui, UU KPK menjadi polemik di masyarakat. Sebab, sebagian masyarakat menolak UU KPK direvisi lantaran dinilai pasal per pasalnya dapat melemahkan kinerja KPK memberantas korupsi.

Puncaknya, sejumlah mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia melakukan unjuk rasa beberapa hari lalu. Mereka menuntut agar Presiden Jokowi menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu).

Setelah sebelumnya menolak, Jokowi akhirnya mempertimbangkan untuk menerbitkan perppu mencabut UU KPK hasil revisi. Sepekan lebih berlalu, Jokowi belum juga memberikan keputusan terkait perppu KPK. (itn)

BACA JUGA:  Dosen IPB Diduga Terlibat Kepemilikan Bahan Peledak