Pemkab Gianyar Akan Salurkan Hibah untuk Bangli

Bupati Mahayastra menyampaikan plot Anggaran APBD 2020 kepada anggota Banggar di gedung DPRD Gianyar.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Pemkab Gianyar melalui kebijakan Bupati Made Mahayastra akan menyalurkan hibah untuk Kabupaten Bangli. Hal ini disampaikan pada Rapat Anggaran oleh Tim Aggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Gianyar dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Gianyar, Senin (7/10/2019).

Pemberian hibah ini baru pertamakalinya dilakukan Pemkab Gianyar. Bupati Mahayastra mengatakan, Gianyar sebagai salah satu kabupaten terkuat di Bali memang harus berkewajiban membantu kabupaten lain. Bahkan wacana pemberian bantuan ini sudah dari dulu sejak kepemimpinan Cok Budi Suryawan, namun gagal terealisasi. “Baru sekarang bisa terealisasi. Besaranya tidak banyak-banyak dululah, kita sesuiakan dengan kebutuhan kita juga, kira-kira Rp 10 Milyar dulu,” jelasnya.

Menariknya, Bupati Mahayastra mengatakan pemberian bantuan ke Pemkab Bangli ini tidak ada hubungan Bupati Bangli yang berencana menimbun sungai menggunakan sampah plastik. “Tidak ada hubungannya itu,” ujar Mahayastra sambil guyon di depan awak media.

Ditambahkannya, Pemprov Bali telah menginstruksikan, bagi daerah yang sudah mencukupi pendapatanny, wajib membantu daerah yang pendapatannya kecil. Salah satunya yang mencukupi adalah Gianyar. Demi menjalin hubungan harmonis, Pemkab Gianyar akan memberikan bantuan ke Bangli, supaya bupatinya tidak jadi ngurug sungai pakai sampah.

Dalam rapat tersebut, Mahayastra juga menyinggung pemberian hibah didasari pula adanya Purana Pura Batur. Dalam sejarah tersebut dikatakan, Gianyar salah satu daerah yang sejak dari dulu berkewajiban memberikan upeti ke Pura Batur.

Maka, kata Mahayastra, di zaman pemerintahan modern ini, Pemkab Gianyar wajib memberikan bantuan ke Bangli, yang merupakan kabupaten yang menaungi wilayah Batur, Kintamani. “Dalam Purana Batur disebutkan, kita (Gianyar) sebagai salah satu yang berkewajiban membayar upeti. Maka di zaman pemerintah sekarang, kita wajib membantu Bangli. Pemberian bantuan ini dirancang pada Bantuan Keuangan Pada Pemerintah Provinsi Bali dan Bantuan dari 10 persen dana alokasi umum,” pungkas Mahayastra. (yes)