Jokowi Sebut Mantan PM Australia Pakai Baju Batik Seperti Orang dari Solo

Mantan PM Australia Bertemu Jokowi Pakai Batik. (foto : Merdeka.com)

Beritabalionline.com – Ada kisah menarik disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato dalam puncak peringatan Hari Batik Nasional di Istana Mangkunegaran Solo, Rabu (2/10/2019) lalu. Saat kedatangan tamu, mantan Perdana Menteri Australia Malcolm Tumbull, di Istana Negara, Jumat pekan lalu, Jokowi meminta Iriana untuk menyiapkan baju batik agar dipakai Malcolm sebelum bertemu dirinya.

Setelah dipilihkan yang paling cocok, baju tersebut kemudian dikenakan oleh sahabatnya itu. Tak lama kemudian Malcolm Tumbull masuk ke ruangan yang disiapkan. Betapa kagetnya Jokowi melihat penampilan Malcolm seusai mengenakan kemeja batik coklat tersebut.

“Saya memang minta istri saya menyiapkan kemeja batik untuk pak Tumbull, sahabat saya, mantan Perdana Menteri Australia. Saya minta baju tersebut dipakai sebelum ketemu saya,” ujar Jokowi saat itu.

“Setelah beliau pakai batik, saya jadi pangling. Pak Tumbull terlihat bukan seperti orang Australia, malah seperti orang dari Solo,” ujarnya lagi.

Usai menceritakan kisah tentang batik yang tersebut ratusan tamu yang datang menyambut dengan tepuk tangan yang meriah. Jokowi juga meminta yang hadir di acara tersebut untuk tidak malu mengenalkan dan mengajak warga asing untuk mencintai dan mengenakan batik.

“Pak Tumbull memang kelihatan cocok sekali menggunakan batik. Ya jelas cocok dan bagus, wong harganya juga mahal,” kelakarnya.

Kisah tentang batik tersebut kemudian diunggah di akun instagram pribadi Jokowi dua hari lalu. Postingan orang nomor satu di Indonesia itu juga mendapatkan 7.348 komentar dan 667.710 like dari warganet. (itn)