Simpan Ganja dan Kokain, Sarjana Komputer Asal Ukraina Terancam 12 Tahun Penjara

Tersangka Nikita Olkhovskyi Sergeevich asal Ukraina. (foto : SAR)

Beritabalionline.com – Sarjana komputer asal Ukraina bernama Nikita Olkhovskyi Sergeevich yang kedapatan menyimpan narkotika jenis ganja dan kokain, Selasa (1/10/2019) diseret ke meja hijau untuk diadili.

Tak tanggung-tanggung, akibat perbuatannya itu pria kelahiran Russia Magandan 33 tahun lalu ini pun terancam hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Sebab, dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar yang dipimpin Hakim I Wayan Kawisada itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ni Luh Wayan Adhi Antara menjerat terdakwa dengan tiga pasal berlapis dalam UU Narkotika, yaitu Pasal 112 ayat (1) pada dakwaan pertama, Pasal 111 ayat (1) dan Pasal 127 ayat (1) huruf a.

Sementara dalam dakwaan jaksa yang dibacakan dimuka sidang terungkap, kasus yang menjerat terdakwa ini berawal saat terdakwa membeli 11 plastik klip ganja dan 1 plastik klip kokain dari orang yang tidak dikenalnya yang ditemui di Lava Vela, 17 Mei 2018 sekitar pukul 23.30 WITA .

“Setelah membeli dua jenis narkoba itu, terdakwa pilang ke ke penginapannya di Vila Barita kamar Nomor 101. Kemudian pada tanggal 19 Maret 2019, terdakwa menggunakan ganja yang dibelinya itu,” sebut jaksa Kejari Denpasar itu.

Namun, sehari setelah itu, sekira pukul 13.30 WITA datang petugas polisi dan melakukan penangkapan terhadap sekaligus melakukan penggeledahan terhadap terdakwa.

“Dari penggeledahan itu, polisi berhasil mengamankan satu buah tas kain yang didalamnya berisikan 10 plastik klip ganja dengan berat 20,41 gram serta 1 plastik klip berisikan serbuk warna putih yang diduga kokain sebarat 0,45 gram,” pungkas jaksa.

Karena terdakwa tidak memiliki izin atas barang terlarang itu, terdakwa bersama barang bukti langsung dibawa ke Polresta Denpasar untuk diperiksa lebih lanjut. (sar)

BACA JUGA:  Bawa 4 Kilogram Kokain, WNA Peru Diamankan di Bandara Ngurah Rai