Tim Petanque Bali Kantongi 3 Medali di Pomnas 2019

Tim Petanque Bali dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2019.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Tim Petanque Bali dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2019 yang digelar di Jakarta menunjukkan peningkatan prestasi yang signifikan dibandingkan ajang sama dua tahun lalu.

Manajer Tim Petanque Bali di Pomnas I Gede Suwiwa Selasa, (24/9/2019) mengatakan, meski gagal meraih gelar juara umum karena dibendung dominasi Jambi dan Jawa Tengah, namun dari segi prestasi atlet petanque Bali menunjukkan kemajuan yang baik.

Pada Pomnas tahun 2017, Tim Petanque Bali hanya mampu mengantongi sekeping perunggu, sedangkan tahun ini atlet Petanque Pulau Dewata menyabet 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

Emas diraih I Made Khrisna Dwipayana (Universitas Warmadewa) nomor Shooting Putra, sementara medali perak juga kembali diraih Khrisna Dwipayana saat turun di nomor double putra bersama I Wayan Sopyan Pratama (Undiksha). Medali perunggu diperoleh Ida Ayu Ngurah Agung Yuni Kartika (Undiksha) dan Komang Ayu Laksmi Saputri (Undiksha) yang turun di nomor double putri.

“Kita juga melihat progress di sini dari segi fisik, teknik, dan mental atlet, terbukti dari meningkatnya medali dari 2017 ke 2019 ini. Tahun 2017 kita hanya meraih perunggu saja, tetapi tahun ini kita mendapatkan 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu,” ujarnya.

Pria yang juga Pelatih Petanque Bali sekaligus Dosen di Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja itu menambahkan, ke depan yang perlu digenjot dari para atlet petanque di Pulau Dewata adalah keberanian mereka untuk mengambil shooting di poin-poin kritis. Selain itu mental dan semangat juang juga masih perlu ditingkatkan, sehingga ke depan prestasi petanque Bali lebih meningkat.

“Evaluasi secara umum kita masih kalah di mental dan daya juang. Kalau dari segi teknik, atlet kita masih belum berani mengambil shooting saat poin-poin kritis,” tegasnya.

BACA JUGA:  Menpora Canangkan Bangli Jadi Venue 500 Pemanjat

Pada kesempatan sama Table Contol pada Pomnas 2019 I Gusti Agung Gede Ary Wirawan Wetan mengapresiasi perjuangan Bali yang sampai saat ini bertengger di posisi tiga besar. Diakui Jambi dan Jawa Tengah merupakan saingan berat, mengingat dalam laga kali ini mereka banyak diperkuat atlet Pra PON.

“Seluruh pertandingan berjalan lancar. Memang seluruh atlet yang turun di Pomnas kali ini semua atlet yang turun sangat unggul dari Universitasnya masing-masing, termasuk mereka juga sebagian besar tim Pra PON yang mewakili Propinsinya. Tapi kita bangga punya atlet Bali yang sudah mampu memberikan perlawanan sengit,” imbuhnya.(yza)