Wakil Wali Kota Denpasar Ajak Masyarakat Lestarikan Olahraga Tradisional

Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara pada Peringatan HAORNAS. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) tahun 2019 yang dirangkai dengan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kota Denpasar dibuka secara resmi Wakil Wali Kota IGN Jaya Negara di Lapangan Kompyang Sujana Denpasar pada Jumat (13/9/2019).

Walaupun sempat diguyur hujan, namun tidak menyurutkan euphoria ajang olahraga tahunan di Kota Denpasar ini. Kegiatan yang diawali dengan penampilan apik marching band Ayur Gurnita dari SMK Bali Prima Medika Denpasar serta senam bersama seluruh peserta. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan doa bersama untuk mengenang kepergian Presiden RI ke-3, almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie.

Pembangunan di dalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Deangan sehat rohani kita berarti telah mendukung kebijakan Presiden tentang Revolusi Mental, serta SDM Unggul Indonesia Maju.

“Jadikan kegiatan ini sebagai momentum yang sangat tepat dalam pembangunan olahraga lewat pemberdayaan dan peningkatan prestasi,” ujar Jaya Negara saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Budaya berolahraga tidak dapat tumbuh secara instan, namun melalui proses yang berjenjang dan berkesinambungan dimulai dari lingkungan terkecil sampai komunitas masyarakat yang lebih besar. Termasuk untuk melestarikan olah raga tradisional harus dilakukan sehingga jangan sampai ditinggalkan oleh generasi muda bangsa.

Menurutnya, Pemkot Denpasar terus berperan aktif di dalam menumbuhkembangkan olahraga prestasi, olahraga pendidikan serta olahraga rekreasi. “Kita harus terus lestarikan olahraga tradisional yang tumbuh dan berkembang di masyarakat,” tambahnya.

Tahun ini, pelaksanaan Formi diikuti atlet dari 43 desa/kelurahan se-Kota Denpasar dengan waktu pelaksanaan festival selama tujuh hari. (tra)

BACA JUGA:  Menpora Minta Federasi Judo Internasional Lenturkan Regulasi