Tanamkan Tertib Berlalulintas, Ditlantas Polda Bali Gelar Lomba Pocil

Salah satu peserta saat tampil pada lomba Pocil. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Ratusan siswa SD perwakilan Sat Lantas Polresta Denpasar dan Polres se Bali mengikuti lomba polisi cilik (Pocil) yang digelar Direktorat Lalu lintas Polda Bali.

“Satu Polres mengirim 31 anak-anak, jika ditotal semuanya menjadi 279 peserta,” terang Direktur Lalu lintas Polda Bali Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana saat ditemui disela perlombaan di Gedung Koni Bali, Denpasar, Jumat (13/9/2019).

Dirlantas menjelaskan, masing-masing group diberi waktu 15 menit untuk tampil. Selama 15 menit tersebut, mereka melakukan baris-berbaris, pengaturan lalu lintas dan variasi gerakan.

Dikatakan, lomba polisi cilik merupakan program Korlantas Polri yang dimaksudkan untuk pembentukan karakter anak dan digelar di seluruh Polda se Indonesia. Untuk selanjutnya masing-masing Polres bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan pihak sekolah.

“Pendidikan dan pembinaan yang bersifat atraktif tidak hanya sebatas kemampuan fisik dan baris-berbaris, namun menggali potensi anak tersebut dengan memasukkan pengetahuan tentang lalu lintas,” jelasnya.

Menurutnya, pembinaan berkelanjutan pada anak usia dini diyakini akan menumbuhkan virus kedisiplinan, kesehajaan, tanggungjawab serta menjadi pioner bangsa. Sehingga, polisi cilik akan mampu memberikan gambaran kepada masyarakat luas bahwa pendidikan karakter anak bangsa harus dimulai sejak dini.

“Dengan demikian, nantinya para polisi cilik ini akan menjadi generasi muda tangguh, berkarakter, dan yang terpenting mereka menjadi duta pada dirinya sendiri untuk menjadikan Indonesia maju,” ucap Dirlantas. (agw)

BACA JUGA:  Sempat Dinyatakan Hilang, Pemancing Asal Jembrana Ditemukan Sudah Tak Bernyawa