Ratusan Personel Kodam IX/Udayana Ikut Sosialisai PKBB

Tim Terpadu Staf Pengamanan Angkatan Darat lakukan sosialisasi dan uji petik program keselamatan berkendara dan berlalu lintas (PKBB). (foto : ist)

Beritabalionline.com – Tim Terpadu Staf Pengamanan Angkatan Darat turun langsung memberikan sosialisasi dan uji petik program keselamatan berkendara dan berlalu lintas (PKBB) kepada satuan Kotama jajarannya, termasuk di Kodam IX/Udayana.

“Kegiatan ini merupakan program kerja Tri Wulan III Staf Pengamanan Angkatan Darat (Spamad), yang menyasar seluruh jajaran di bawahnya termasuk Kodam XI/Udayana, dalam hal ini di wilayah Korem 163/Wira Satya,” terang Koordinator Tim Terpadu Program Keselamatan Berkendara dan Berlalulintas (PKBB) Kol. CZI Budi Hariswanto, Kamis (12/9/2019) di Denpasar.

Dalam sosialisasi dan uji petik PKBB tersebut diikuti sekitar 500 personel TNI AD meliputi personel militer dan pegawai negeri sipil jajaran Kodam IX/ Udayana yang ada di wilayah Korem 163/Wira Satya.

Kegiatan diawali sosialisasi tentang keselamatan berkendara dan berlalulintas yang berlangsung di Aula Makorem 163/Wira Satya, selanjutnya para personel diarahkan menuju lapangan untuk mengikuti simulasi praktek keselamatan berkendara.

Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan kelengkapan kendaraan, kelengkapan administrasi dan juga kelengkapan personel saat berkendaraan sehingga menjamin keamanan dan kenyamanannya.

Kolonel Budi Hariswanto selaku Perwira Pembantu II/ Pengamanan Personel Spamad ini mengingatkan agar kelengkapan dan ketentuan kendaraan sesuai dengan standardisasi.

“Kendaraan yang digunakan setiap personel harus sesuai dengan standarisasi dan dilengkapi dengan kelengkapan administrasinya, bukan pula kendaraan yang ilegal,” jelas Perwira yang juga pernah menjabat sebagai Asintel Kasdam IX/Udayana tersebut.

Sementara itu Danpomdam IX/Udayana Kolonel Cpm Tugino menjelaskan, kegiatan rutin tersebut bertujuan memberikan wawasan dan pengetahuan kepada seluruh personel dengan harapan nantinya untuk mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan personel dan PNS TNI AD di lingkungan Kodam IX/Udayana.

BACA JUGA:  Bedah RTLH Rampung, Dandim Karangasem Serahkan 4 Kunci Rumah Warga

Dikatakan, dari catatan tahun 2018 terdapat 22 kecelakaan yang mengakibatkan 2 personel meninggal dunia, 8 personel mengalami luka berat dan 12 lainnya mengalami luka ringan.

“Tahun 2019 ini hingga bulan September terjadi 13 kecelakaan yang melibatkan personel TNI AD, 2 korban meninggal dunia, 4 luka berat dan 7 luka ringan,” ujarnya.

Danpomdam juga menjelaskan, Tim Spamad yang kali ini datang ke wilayah Kodam IX/Udayana merupakan tim terpadu dengan melibatkan unsur Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspomad), Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad), Direktorat Perbekalan Dan Angkutan Angkatan Darat (Ditbekangad) dan Direktorat Peralatan Angkatan Darat (Ditpalad).

Kapenrem 163/ Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia menambahkan, sosialisasi PKBB merupakan program dari Staf Pengamanan TNI AD. Tim Terpadu PKBB ini turun ke Jajaran Kotama TNI AD termasuk ke wilayah Kodam IX/Udayana dan pada kesempatan ini Korem 163/Wira Satya ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan.

“Secara berkala di internal Korem 163/Wira Satya juga melakukan sosialisasi seperti ini, sebagai upaya tindakan preventif dengan memeriksa kelengkapan kendaraan dan personel sehingga akan mengurangi segala bentuk pelanggaran serta kerugian akibat kecelakaan laku lintas,” jelas Kapenrem. (agw)