Presiden Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman Jenazah BJ Habibie

Presiden Jokowi meletakkan karangan bunga di makam BJ Habibie. (foto : Merdeka.com)

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meimpin Upacara Pemakaman Jenazah BJ Habibie. Usai memberikan sambutan dalam upacara pemakaman jenazah BJ Habibie di TMP Kalibata, Presiden Jokowi menyempatkan diri melakukan penguburan dan peletakkan karangan bunga.

Presiden Jokowi menggunakan skop memasukkan tanah ke dalam liang lahat saat pemakaman Presiden RI ke-3, BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Prosesi pemakaman BJ Habibie sendiri bakal berlangsung secara militer. Jenazah almarhum akan dimakamkan di sebelah pusara istri tercintanya, Hasri Ainun Besari.

Sejumlah Tokoh Nasional Hadiri Pemakaman BJ Habibie. Sejumlah tokoh nasional mulai berdatangan jelang pemakaman BJ Habibie.

Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarmoputri bersama Menko PMK Puan Maharani menghadiri pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Juga sejumlah tokoh nasional berdatangan jelang pemakaman BJ Habibie.

 

Tahlilan 40 Hari

Terkait wafatnya BJ Habibie, pada Kamis (12/9/2019) malam digelar doa bersama dan tahlilan malam pertama.

Anak bungsu Habibie, Ilham Habibie menyebut tahlilan akan dilaksanakan selama 40 hari.

“Ya malam ini ada tahlilan dan saya kira hari-hari ke depan juga tahlilan,” ujar Ilham usai pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Kamis (12/9/2019).

Ilham menambahkan, tahlilan digelar selama 40 hari karena sudah menjadi kebiasaan. Menurutnya, saat Ainun Habibie wafat, prosesi tahlilan juga digelar selama 40 hari.

“Mungkin sampai empat puluh hari ke depan, setiap hari akan tahlilan. Jadi ini seperti mengcopy pada saat Ibu wafat dulu. waktu itu juga tiap hari sampai dengan hari ke 40 itu,” ujarnya. (itn)

BACA JUGA:  Jokowi Nilai 9 Orang Pansel Capim KPK Tokoh Kredibel dan Punya Kapasitas