Kapolri Perintahkan Seluruh Kapolda Jamin Keamanan Mahasiswa Papua

Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Beritabalionline.com – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memerintahkan seluruh Kapolda agar menjamin keselamatan dan keamanan mahasiswa asal Papua dan Papua Barat. Hal itu dia minta agar tidak ada lagi kejadian serupa seperti yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur.

“Yang di luar Papua ini saya minta para Kapolda tetap menjamin keamanan adik-adik kita mahasiswa yang belajar di semua kota di Indonesia, ini semua Kapolda saya sudah perintahkan,” kata Tito di Polda Metro Jaya, Minggu (1/9/2019).

Meski begitu, dia ingin agar mahasiswa yang berasal dari Papua bisa menempatkan dirinya saat berada di daerah perantauan.

“Saya minta juga adik-adik dari mahasiswa Papua, apapun juga sebagai pendatang, perantau sesuaikan diri dengan local wisdom, budaya masyarakat lokal yang ada,” ujarnya.

“Sama seperti dari Sumatera datang ke Jawa, yang Jawa sekolah mungkin dia datang ke Bali datang ke Manado, yang dari luar Papua datang ke Papua juga menghormati adat istiadat setempat, termasuk juga dari Papua yang datang ke Jawa ke Sumatera, sesuaikan diri,” sambungnya.

Menurutnya, kejadian seperti yang terjadi saat ini di Papua, Papua Barat dan beberapa daerah lainnya belum pernah terjadi sebelumnya.

“Bertahun-tahun selama ini enggak pernah terjadi, karena adanya prinsip saling menghormati seperti itu,” ungkapnya. (itn)

BACA JUGA:  Hingga 25 April, Kasus Pasien Positif Covid-19 di Indonesia Tembus 8.607 Orang