BPBD Bali: Gunung Agung Masih Status Siaga, Masyarakat Diingatkan Tak Terpengaruh Berita Hoaks

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali.

Beritabalionline.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerahn (BPBD) Provinsi Bali menegaskan hingga saat ini belum ada perubahan status Gunung Agung di Kabupaten Karangasem yang berada pada level III (Siaga), meskipun dalam kurun waktu 2,5 bulan terakhir kondisinya terlihat landai dan tenang.

“Masyarakat kami harap tetap tenang dan tingkatkan kesiap-siagaan, jangan mudah terpengaruh oleh berita hoaks. Beberapa hari yang lalu sempat muncul postingan dari salah satu akun media sosial yang berisikan bahwa Gunung Agung erupsi lagi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin di Denpasar, Sabtu (31/8/2019).

Tim BPBD Karangasem, menurut Rentin, telah bertindak cepat dan memperingatkan pemilik akun agar mengklarifikasi atau bahkan menghapus postingannya serta lebih teliti dan berhati-hati dalam mem-posting berita.

“Sebaiknya tanya, minta info atau ikuti perkembangan informasi dari lembaga resmi pemerintah, dan akhirnya postingan tersebut sudah dihapus,” ujar Rentin.

Rentin juga mengatakan kondisi Gunung Agung dalam kurun waktu 2,5 bulan terakhir terlihat landai dan bahkan sangat tenang sehingga ada yang bertanya apakah akan ada perubahan terhadap status Siaga (Level III) yang ada sekarang.

“Penetapan status bukan kewenangan kami di BPBD, kami lakukan koordinasi dengan PVMBG Kementerian ESDM, dengan ahlinya Devy Kamil Syahbana. Menurut Pak Devi, Gunung Agung sudah cukup lama memang landai, tetapi bukan berarti sudah aman, jadi belum direkomendasikan untuk perubahan status karena aktivitas masih cukup tinggi,” demikian Rentin yang mantan Kabag Humas Pemprov Bali. (tra)

BACA JUGA:  Air Laut Surut, KMP Trisakti Adinda Kandas di Pelabuhan Gilimanuk