Cegah Kebakaran Hutan Gunung Agung Meluas, Personel Gabungan Buat Sekat Pembatas

Personel gabungan membuat parit pembatas area terbakar. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Kebakaran hutan di lereng barat daya Gunung Agung, Kabupaten Karangasem masih terjadi. Bahkan kebakaran hutan yang berlangsung sejak, Selasa (27/8/2019) sekitar pukul 18.20 WITA ini semakin meluas.

“Kemarin luas area yang terbakar mencapai 3,5 hektar, hari ini belum diketahui,” terang Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem Ida Bagus Arimbawa saat dihubungi, Jumat (30/8/2019) petang.

Kalaksa BPBD mengungkapkan, jika siang hari api semakin membesar karena panas terik matahari, ditambah daun-daun yang terbakar tertiup angin. Api baru mengecil saat malam hari tiba.

Dikatakan, beragam kendala dihadapi untuk mengatasi kebakaran yang diduga disebabkan oleh faktor alam ini. Selain areal terbakar sulit dijangkau, pihaknya juga tidak bisa menjangkau lokasi karena berada di zona perkiraan bahaya yang dikeluarkan PVMBG.

Kalaksa menambahkan, untuk meminimalisir kebakaran kian meluas, TRC BPBD Karangasem, Kodim 1623/Karangasem, Polres Karangasem, Satgas Polhut Mobile Dishut Provinsi Bali, Satgas Polhut Uptd Kph. Bali Timur membuat sekat bakar (parit pembatas area terbakar), Jumat (30/8/2019) sekitar pukul 08.15 WITA.

“Kami berupaya mencegah api meluas ke pemukiman warga. Kegiatan diikuti sekitar 110 personel gabungan bersama warga dan masyarakat Banjar Pucang, Desa Ban,” beber Kalaksa BPBD Karangasem. (agw)

BACA JUGA:  Perkuliahan di Universitas Dwijendra Denpasar Kembali Normal