Cegah Tahanan Depresi, Polresta Denpasar Ajak Lakukan Kegiatan Positif

Para tahanan diajak makan bersama dengan Waka Polresta Denpasar, beberapa waktu lalu. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Nyaris sama dengan kota-kota besar lainnya, aksi kejahatan juga terjadi di wilayah hukum Polresta Denpasar. Para pelaku yang diamankan langsung dijebloskan ke rumah tahanan (Rutan) Polresta Denpasar sebelum dilimpahkan ke Kejaksaan.

“Saat ini jumlah tahanan yang menghuni rutan Polresta sebanyak 81 orang,” terang Kasat Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polresta Denpasar Iptu Ketut Suantara saat dikonfirmasi, Selasa (27/8/2019).

Para pelaku yang mendekam di rutan Polresta Denpasar terlibat berbagai macam kasus seperti pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian kendaraa sepeda motor (curanmor), pencurian biasa (cusa), narkoba serta kasus-kasus lainnya.

Sementara Kasubbag Humas Polresta Denpasar Iptu Andi Muhammad Nurul Yaqin menerangkan, untuk mengawasi para tahanan, selain petugas penjaga, di setiap sudut sel dipasang kamera pengawas (CCTV).

“Jadi segala aktivitas para tahanan bisa dipantau. Petugas yang berjaga di rutan juga siaga selama 24 jam,” jelasnya.

Ditambahkan, setiap pawas, padal dan petugas penjaga tahanan secara rutin melakukan pengecekan baik itu terhadap tahanan yang tengah santai, makan, ataupun saat tahanan sedang beristirahat.

Iptu Andi Yaqin mengatakan, selain pengawasan, setiap pagi para tahanan juga diajak berolahraga agar mereka selalu dalam kondisi sehat, meski tengah menghadapi proses hukum akibat perbuatannya.

“Selama berada di dalam sel, secara perlahan perilaku para tahanan mulai berubah. Mereka disini juga diajak melaksanakan ibadah serta berbagai kegiatan posistif lainnya,” jelas Kasubbag Humas. (agw)

BACA JUGA:  Empat Pelaku Skimming Asal Bulgaria Cuma Divonis 8 bulan