Bali Siap Gantikan Papua Tuan Rumah Popnas

Made Rentin

Beritabalionline.com – Sejumlah provinsi menginginkan Bali sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019 yang akan digeber Oktober mendatang, menyusul Provinsi Papua menarik diri sebagai tuan rumah karena ingin fokus mempersiapkan diri menjadi tuan rumah PON XX/2020.

Dari sisa waktu yang tersisa hingga Oktober mendatang, dimana jadwal awal ditetapkannya pelaksanaan Popnas dan peparpenas 2019, mustahil persiapan dapat dilakukan dengan cepat dan instan.

Menanggapi kondisi tersebut Plt. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Propinsi Bali I Made Rentin ditemui seusai acara rapat koordinasi bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) se-Bali di Puspem Badung Senin (26/8/2019) mengaku Bali siap mengemban amanah negara sebagai tuan rumah, terlebih Bali menjadi salah satu propinsi favorit untuk menggantikan Papua.

“Kami tetap siap siaga, siap untuk menerima ketika pilihannya jatuh ke Bali. Tidak ada kata lain selain siap, karena ini tugas negara,” ujarnya.

Nah, saat konsultasi ke Kemenpora nanti, pihaknya akan minta konsekwensi dari penunjukan tugas negara kepada Bali menjadi tuan rumah Popnas dalam bentuk dukungan anggaran pemerintah pusat. Sebab Popnas merupakan ajang pusat, dan APBD Bali tidak sanggup jika harus mengalokasikan anggaran untuk menggelar Popnas.

Menurut Rentin yang juga Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali itu, jika sudah ada kepastian dari pusat dalam hal ini Kemenpora terkait anggaran pelaksanaan Popnas, pihaknya akan menghadap Gubernur Bali untuk memohon persetujuan Popnas dihelat di Bali.

”Kalau faktor pendukung Bali menjadi tuan rumah Popnas, saya kira tidak terlalu masalah. Sebut misalnya venue atau tempat pertandingan, kita punya. Di Denpasar dan Badung, GOR banyak. Sumber daya manusia, kita banyak yang mampu menjadi penyelenggara, apalagi soal akomodasi peserta, lebih dari cukup,” sebutnya.

BACA JUGA:  Timnas Indonesia Tak Gentar Lawan Kiper Liga Primer Inggris

Rentin juga menguraikan, dalam media sosial (medsos), pihaknya sudah menyampaikan terkait pembatalan Papua menjadi tuan rumah Popnas, dan kemungkinan dialihkan di Bali. Hanya saja, Gubernur Koster belum mengomentari. “Tentu, nanti saya akan menghadap Pak Gubernur setelah ada hasil koordinasi ke Kemenpora terkait rencana dan keinginan provinsi lain agar Bali menjadi tuan rumah Popnas 2019,” pungkas Rentin.(arz)