Taman Ayun Barong Festival Jadi Kalender Tahunan Kabupaten Badung

Bupati Girti Prasta (kiri) saat membuka Taman Ayun Barong Festival 2019. (foto : ist)

Beritabalionloine.com – Taman Ayun Barong Festival Regeneration and Superstar 2019 kembali dilaksanakan pada Jumat (23/8/2019) malam, di Pura Taman Ayun, Mengwi, Kabupaten Badung. Kegiatan yang digelar untuk kali keempat ini dibuka Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta.

Taman Ayun Barong Festival akan berlangsung hingga Sabtu (24/8/2019). Perhelatan seni budaya yang disambut meriah ini akan menjadi kalender tahunan yang diharapkan mampu menyedot kunjungan wisatawan ke Kabupaten Badung, khususnya ke obyek wisata Taman Ayun.

“Sebab kunjungan wisatawan di Pura Taman Ayun ini juga berkaitan dengan pendapatan sekror pariwisata kami di Kabupaten Badung. Karena itu, kami berkomitmen festival ini tetap diselenggarakan tiap tahun. Harus dilakukan, tidak boleh tidak dilakukan,” ujar Giri Prasta.

Dikatakan, Taman Ayun Barong Festival digelar bertujuan untuk melestarikan budaya senij tradisional warisan leluhur. “Kegiatan Festival Barong ini menurut saya merupakan salah satu komitmen untuk menjaga dan melestarikan kesenian dan kebudayaan tradisional Bali yang merupakan warisan leluhur,” kata dia.

Ditambahkannya, lokasi penyelenggaraan festival tersebut yaitu di Pura Taman Ayun juga merupakan salah satu role model berkaitan dengan sejarah di Bali, khususnya sejarah Kabupaten Badung.

“Taman Ayun ini juga merupakan warisan budaya dunia yang diakui UNESCO,” terang Bupati Giri Prasta.

Bertalian dengan itu, pihaknya berkomitmen untuk mendukung berbagai kegiatan pelestarian seni budaya seperti kegiatan Festival Barong yang digelar Puri Ageng Mengwi melalui Sanggar Mangu Samcaya tersebut. (tra)

BACA JUGA:  Cakupan Imunisasi MR Lampaui Target, Pemkab Raih Penghargaan dari Kemenkes