Jokowi Malam ini akan Buka Muktamar PKB di Bali

PKB.

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadualkan membuka Muktamar V Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di The Westin Hotel, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (20/8/2019) malam. Berdasarkan susunan agenda, Presiden akan menyampaikan sambutan pembuka.

Muktamar PKB kali ini mengusung tema `Melayani Ibu Pertiwi`.

“Tema ini diambil karena kami ingin meneguhkan sebagai partai yang bekerja memberikan pelayanan dan mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan yaitu, suatu bangsa yang merdeka bersatu, adil dan makmur, sejahtera lahir dan batin, bermartabat dan sederajat dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” ujar Ketua DPP PKB sekaligus Ketua SC Muktamar V PKB, Ida Fauziyah, Senin (19/8/2019).

Ia mengatakan, tema itu diangkat juga sebagai harapan agar PKB mampu mewujudkan suatu pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mencapai tujuan nasionalnya. “Kami ingin melayani ibu pertiwi, bekerja keras memajukan bangsa membangun Indonesia dalam rangka mewujudkan kesejahteraan sosial,” katanya.

Menurutnya, “Melayani Ibu Pertiwi” adalah pilihan tema yang sangat strategis karena selaras dengan komitmen Presiden RI Joko Widodo yang sudah berkomitmen untuk membangun Indonesia yang maju dan ingin meneguhkan SDM yang unggul.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB, Ahmad Iman mengatakan, diperkirakan ada tiga hingga enam ribu para muktamirin yang akan hadir pada Muktamar di Pulau Dewata ini.

“Ibu Rini Soemarno dan Bapak Mahyudin (Wakil Ketua MPR) sudah konfirmasi akan hadir,” kata  Iman, di Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Pejabat negara yang juga dikabarkan hadir adalah Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo , Yasonna Laoly sebagai Menteri Hukum dan HAM,  Yasonna Laoly, Menteri BUMN, Rini Soemarno, dan sejumlah menteri lainnya. Demikian juga Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin.

Muktamar yang akan dihelat pukul 19.00 WITA , digadang-gadang akan kembali menghasilkan Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum DPP PKB. Meski demikian, Muhaimin sendiri  yang akrab dipanggil Cak Imin enggan berkomentar mengenai hal tersebut.

BACA JUGA:  Tiba dari Jepang, 69 ABK Diamond Princess Langsung Diobservasi

“Soal pemilihan ketum, saya pada posisi nunggu saja pada para peserta muktamar. Semua kami serahkan pada mereka untuk ngambil keputusan. Saya gak bisa banyak berkomentar sebelum saatnya,” ujar Imin usai meninjau persiapan tempat acara di Hotel Westin, Senin (19/8/2019) kemarin.

Sebelum acara pembukaan Muktamar, akan digelar Musyawarah Nasional (Munas) Ulama PKB yang akan berlangsung pada Selasa pukul 14.00 WIB.

Muktamar PKB ke V akan berlangsung 20-22 Agustus 2019. Muktamar tersebut akan membahas tiga agenda prioritas dan strategis partai untuk lima tahun kedepan.

Pertama, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul, berkarakter, berkualitas dan berdaya saing.

Kedua, memprioritaskan kepada pengembangan ekonomi kerakyatan dalam rangka memberdayakan kaum “mustadh’afih, kaum yang lemah dan yang terlemahkan.

Ketiga adalah pengembangan dakwah sosial dan kebudayaan dalam rangka mewujudkan kehidupan kebangsaan dan kemasyarakatan yang damai yang beradab. *itn