Pajang Panser Anoa, Stand Kodam IX/Udayana Digandrungi Siswa Pelajar

Siswa SMP PGRI 2 Denpasar berpose dengan Panser Anoa di Pameran Pembangunan Provinsi Bali. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pameran Pembangunan yang digelar Pemerintah Provinsi Bali dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI dan hari jadi ke-61 Provinsi Bali banyak mendapat perhatian dari pengunjung.

Salah satunya stand TNI Kodam IX/Udayana yang terletak di sebelah selatan tepatnya 100 meter setelah pintu masuk timur Art Center Denpasar yang banyak mendapatkan kunjungan dari para pelajar.

“Ini senjatanya TNI AD ya om, boleh coba pegang ya om,” ucap Ida Bagus Ariyoga Vedanta, pelajar dari Sekolah Menengah Pertama PGRI 2 Denpasar kepada penjaga stand Sertu I Wayan Restu, Senin (19/8/2019) di Denpasar.

Dengan wajah polos, Bagus Vedanta yang datang bersama sejumlah pelajar SMP PGRI 2 Denpasar banyak bertanya berbagai hal tentang TNI AD. Mereka tertarik dengan pajangan jenis persenjataan yang ditampilkan oleh Paldam IX/Udayana.

Tidak hanya itu, alat kelengkapan Pasukan Yonif 900/Raider, alat kelengkapan Yon ZIpur 18/YKR, termasuk berbagai jenis Ransum TNI AD yang dipajang di meja Bekangdam IX/Udayana yang dijaga Kapten Cba (Kowad) Lili Jati menarik perhatian para pelajar.

“Boleh foto, om,” pinta Putu Aidandi siswa SMP PGRI 2 lainnya yang terlihat senang memegang senjata jenis K 7 Daewoo buatan Korea. Senjata ini menjadi salah satu senjatanya Yonif Raider.

Panser Anoa yang terparkir di depan stand pameran Kodam IX/Udayana tak kalah menarik perhatian dan menjadi ajang selfi para pelajar.

“Tank ini (Panser, red) buatan mana om,” tanya Salmon Tokan siswa lainnya dengan sedikit penasaran.

Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia, yang bertindak jadi Perwira Pengawas menjelaskan jika Panser Anoa tersebut asli produk industri pabrik persenjataan (Alutsista) Indonesia.

BACA JUGA:  1 Lagi Perempuan 61 Tahun Dinyatakan Positif Covid-19 di Kota Denpasar

“Panser ini adalah Alutsista kendaraan tempur buatan bangsa sendiri, dibuat PT Pindad (Pabrik Industri Angkatan Darat) yang digunakan pasukan TNI dan juga telah banyak diminati dan digunakan tentara asing atau negara lain,” jelas Kapenrem.

“Kita bangsa Indonesia dan termasuk adik-adik pelajar harus bangga, karena negara kita mampu membuat persenjataan modern dan handal,” ucap Kapenrem. (agw)