Sekjen DPN Peradi Ingatkan Aggotanya Banyak Baca Buku dan Lebih Pintar dari Penegak Hukum Lainnya

Para advokat yang tergabung dalam Peradi DPC Denpasar dilantik dan diambil sumpahnya. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Sebanyak 33 advokat yang tergabung dalam Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) DPC Denpasar dilantik dan diambil sumpahnya di Pengadilan Tinggi Denpasar, Kamis (15/8/2019).

Sekjen Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) Hasanuddin Nasution SH MH mengingatkan agar 33 advokat yang dilantik tersebut hendaknya tidak pernah mengabaikan dan melupakan kode etik advokat Indonesia, sebagai pegangan untuk menjalanan kegiatan profesionalnya.

Diingatkan pula seorang advokat hendaknya giat membaca buku untuk memperluas pengetahuan. Jangan sampai ada klien bertanya atau hendak konsultasi, malah dijawab nanti dulu akan dipelajari undang-undangnya. Kalau hal ini terjadi, bisa-bisa klien sudah lari duluan karena masih banyak advokat yang lain.

“Anda sekalian harus 10 kali lipat lebih pintar dari penegak hukum lainnya. Akan sulit bersaing jika tidak lebih lengkap pengetahuannya,” katanya.

Usai acara pelantikan dan pengambilan sumpah 33 advokat, Ketua Peradi DPC Kota Denpasar I Wayan Purwita SH MH menggarisbawahi bahwa seorang advokat memang mestinya memiliki kemampuan atau kepintaran 10 kali lipat dibandingkan penegak hukum lain, seperti telah ditegaskan Sekjen Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) sebelumnya.

“Dengan memiliki kepintaran lebih, hendaknya dibarengi dengan kuat iman dan kuat moral, karena profesi ini rawan godaan. Harus punya keteguhan iman dan moral,” ujarnya.

Dia menambahkan, seusai dilantik para advokat itu sudah bisa bekerja profesional di bidangnya. “Perbanyak memiliki jaringan atau link, selain itu jangan hanya membela klien yang mampu membayar. Perlu juga dibela rakyat atau mereka yang teraniaya,” ujar Wayan Purwita.

Upacara pengambilan sumpah profesi 33 advokat ini dipimpin dan diambil sumpahnya oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar Ida Bagus Djagra SH MH. Kemeriahan sekaligus keharuan sempat mewarnai acara ini, khususnya di antara keluarga advokat yang turut mendampingi dalam acara. (sar)

BACA JUGA:  Ubud Masuk Daftar Kota Terbaik di Dunia