Nekat Rebut Pistol Perampok, Yonita: Saya Tidak Berfikir Lagi, Mati Ya Sudah

Yonita Djaralodu. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Aksi berani Yonita Djaralodu (27) melawan pelaku rampok Money Changer milik PT. Azzarah Maulana di Jalan WR. Supratman, Kertalangu, Denpasar Timur beberapa hari lalu menjadi perbincangan warga masyarakat.

Tanpa memperdulikan keselamatan jiwanya wanita asal Sumba Timur, NTT, ini nekat merebut pistol yang digunakan pelaku saat melakukan aksi rampok.

“Pelaku menyuruh teman menyerahkan uang sambil menembak kaca kasir. Awalnya saya posisi duduk. Saya sudah tidak berpikir lagi, mati ya sudah. Saya bangun refleks berusaha merebut pistol tersebut,” ucapnya, Jumat (9/8/2019) di Denpasar.

Saat terjadi aksi saling tarik pistol dengan pelaku, senjata kembali meletus. Beruntung posisi senjata mengarah ke atas dan hanya mengenai plafon money changer.

Yonita menuturkan, sebelum peristiwa mencekam itu berlangsung ia bersama karyawan lain bernama Aprianus Huru Hadi (26) siap-siap hendak pulang, Selasa (6/8/2019) sekitar pukul 21.30 WITA. Tiba-tiba pelaku masuk ke ruang kasir sambil menodongkan pistol.

“Awalnya kami kira dia teman yang bercanda, tiba-tiba masuk pakai helm tertutup. Tapi kok bercandanya pakai pistol,” ucapnya.

BDN Dewata memberikan apresiasi kepada Yonita atas keberaniannya melawan perampok berpistol. (foto : ist)

Ia mengaku baru sadar ketika pelaku membentak Aprianus dan menyuruh menyerahkan uangnya. Sementara temannya yang masih terlihat bingung dengan polos menyerahkan uang yang dipegangnya.

Melihat keberanian Yonita, personel Polda Bali yang tergabung dalam Bharaduta Dpandiga Dewata (BDN Dewata) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Yonita Djaralodu atas keberaniannya melawan perampok berpistol.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua BDN Dewata, Bripka I Gusti Bagus Ngurah Wirautama di Mapolsek Denpasar Timur dan disaksikan oleh personel SPKT dan Provos, Kamis (8/8/2019) malam.

BACA JUGA:  Mantan Manager Karaoke Diganjar Hukuman 2 Tahun Penjara

“Setelah melihat rekaman CCTV yang beredar di medsos, kami sebagai aparat kepolisian kaget dan salut atas aksi yang dilakukannya,” kata Bripka Gusti Wirautama.

Menurutnya, apa yang dilakukan Yonita tergolong sangat berani dan tidak semua wanita mempunyai keberanian seperti itu.

“Keberaniannya patut diapresiasi karena telah membantu tugas kepolisian. Semoga ini bisa dicontoh oleh warga Lagi lain bahwa keamanan adalah tanggungjawab bersama,” ucapnya. (agw)