Masyarakat Antusias Saksikan Festival Kintamani

Asisten I Setda Kabupaten Bangli I Nyoman Puja saat membuka lomba baleganjur serangkaian Festival Kintamani.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Masyarakat dan wisatawan mancanegara antusias menyaksikan lomba baleganjur serangkaian Festival Kintamani III/2019, Kamis (8/8/2019). Sayangnya, dari 48 desa yang ada di Kecamatan Kintamani, hanya 13 peserta yang mengirim dutanya, sementara puluhan desa absen. Lomba baleganjur yang digelar di areal Pasar Seni Geopark, Penelokan, Kintamani dibuka Asisten I Setda Kabupaten Bangli I Nyoman Puja, mewakili Bupati Bangli.

Ketua Panitia Penyelenggara I Wayan Dirgayusa mengatakan, festival Kintamani yang diisi lomba baleganjur, juga dirangkaikan dengan penyambutan HUT RI ke-74 di Kabupaten Bangli. Festival Kintamani juga memiliki tujuan untuk melestarikan seni dan budaya melalui pementasan baleganjur.

”Dari tahun ke tahun kualitas penyelenggaraan Festival Kintamani telah terjadi peningkatan. Pihaknya berharap penyelenggaraan kegiatan ini agar kedepan bisa melibatkan komponen-komponen pendukung pariwisata sehingga terjadi keserasian dalam penyelenggaraan dengan program pengembangan pariwisata di Kecamatan Kintamani,” kata pria yang juga Camat Kintamani itu.

Sementara itu, Bupati Bangli I Made Gianyar dalam sambutan yang dibacakan Asisten I Setda Kabupaten Bangli I Nyoman Puja menyampaikan apresasinya terhadap semua komponen yang mambantu menyukseskan kegiatan ini. “Kita harap ke depan penyelenggaraan festival ini lebih meningkat, baik kualitas maupun kuantitas penyeleggaraannya,”ujar Made Gianyar.

Antusias warga sekitar Desa Batur-Kintamani untuk menyaksikan kegiatan ini sangat tinggi. Terbukti sejak pagi hari mereka sudah berbondong-bondong mendatangi lokasi pementasan. Petugas Satlantas Mapolres Bangli memang melakukan pengalihan arus lalulintas selama pelaksanaan kegiatan festival ini. Sejumlah ruas jalan menuju ke Penelokan dialihkan sehingga tidak mengganggu jalannya pementasan dan festival ini. (riz)

BACA JUGA:  Bupati Eka Bangga atas Raihan Prestasi Generasi Muda Tabanan