Kunjungi Terminal Mengwi, Menhub Siapkan Subsidi

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Semadi saat mengunjungi Terminal Mengwi.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Semadi, Jumat (9/8/2019) mengunjungi Terminal Mengwi. Di terminal tipe A ini, Menhub sempat berbincang dengan sejumlah penumpang, dan melihat-melihat pelayanan terminal yang sebelum diambil alih pusat menjadi milik Pemkab Badung.

Pada kesempatan tersebut, Menhub berencana memaksimalkan fungsi terminal dan angkutan massal, dengan mengintegrasikan Terminal Mengwi, Terminal Dalung, Terminal Ubung, dan Central Parkir Kuta. Untuk menghubungkan ketiga terminal ini, pemerintah pusat bakal menyiapkan kendaraan atau bus pengumpan (feeder).

Tak tanggung-tanggung, untuk menarik masyarakat, pemerintah akan memberi subsidi. ‘Dengan adanya suatu kepastian orang mau kalau naik bus. Kalau sudah, nanti ekonomis bus umum mau. Yang penting konektivitas ini penting,” ujarnya. Kalau sekarang ini, lanjut Menhub, masyarakat justru banyak mengeluh karena jarak dari Terminal Ubung ke Terminal Mengwi, cukup jauh, dan harga sewa taxi juga cukup mahal.

Pihaknya melihat kondisi Terminal Mengwi sudah semakin baik, ada paling tidak 50 bus sampai 100 bus. “Kita ingin kapasitasnya bisa sampai 300 bus. Oleh karenanya, kita lihat ada Terminal Mengwi, Terminal Ubung, Central Kuta, Terminal Dalung, ada bus setiap 10 menit. Kita subsidi, jadi tarifnya murah, kalau murah terjangkau,” katanya.

Ditanya realisasi subsidi yang akan diberikan, Budi Karya Semadi menegaskan akan diberikan mulai Oktober 2019. “Kalau subsidinya kira-kira Rp 5 milyar. Orang tetap bayar, sekarang Rp 3.500, kalau disubsidi bisa Rp 2.000. Jadi sebagian disubsidi oleh pemerintah,” katanya. Menhub sendiri mengaku mendapat tugas khusus dari presiden untuk memperhatikan Bali, karena Bali adalah tujuan wisata utama di Indonesia. (riz)

BACA JUGA:  Dua Gajah Ikut Ramaikan Perayaan HUT Proklamasi