Jatuh saat Main Paragliding, Turis Perancis Alami Patah Kaki

Tim SAR saat mengevakuasi wisatawan asal Perancis. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Wisatasan asing asal Perancis bernama Mathieu Obispo (48) nyaris meregang nyawa usai mengalami kecelakaan saat bermain Paragliding di dasar tebing Pantai Bali Cliff Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

“Beruntung korban selamat meski mengalami cidera patah tulang paha kanan,” ungkap pelaksana harian Kepala Kantor Basarnas Bali I Made Junetra selaku saat dikonfirmasi, Rabu (7/8/2019).

Tidak diperoleh lengkap kronologi awal peristiwa tersebut. Menurut Junetra, Basarnas Bali yang menerima laporan kejadian, Selasa (6/8/2019) sekitar pukul 19.30 WITA, atau 30 menit setelah kejadian segera menuju lokasi.

Tim rescue dengan dilengkapi peralatan mountenering dan perlengkapan medis menyebar mencari keberadaan korban.

“Untuk mempercepat respon dan pengecekan awal, kami terlebih dulu memberangkatkan personel dengan menggunakan rescue trail. Selanjutnya menyusul personel lainnya dengan Rapid Deployment Land SAR Unit,” jelasnya.

Setelah hampir satu jam, wisatawan yang belum diketahui tempatnya menginap ini, akhirnya ditemukan dalam kondisi sadar. Saat itu korban mengeluh sakit pada bagian kaki.

Pertolongan pertama dilakukan dengan membidai bagian paha kanannya agar meminimalisir pergerakan. Selama upaya pertolongan turut dilibatkan tenaga medis dari RS BIMC Kuta, kelurga korban dan juga masyarakat setempat.

“Pembidaian ini sangat diperlukan sebelum korban dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans, karena jika bagian yang patah ini banyak pergerakan bisa memperparah cideranya. Setelah tindakan medis awal selesai dilakukan, korban dievakuasi menuju RSUP Sanglah Denpasar,” jelas Junetra. (agw)

BACA JUGA:  Bayi Berusia Tiga Bulan Meninggal di Tempat Penitipan Anak